No image available for this title

Text

Analisis kinerja routing protocol aomdv terhadap serangan jellyfish delay variance dan jellyfish periodic dropping pada Vehicular Ad-Hoc Network (VANET)



Seiring berkembangnya teknologi, jaringan komputer semakin banyak jenisnya. Vehicular Ad-hoc Network (VANET) merupakan salah satu teknologi jaringan komputer hasil stimulasi dari Intelligent Transportation System (ITS) yang dapat melakukan pertukaran informasi antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Jaringan VANET juga rentan terhadap serangan yang dapat menurunkan kinerja pengiriman seperti serangan Jellyfish Delay Variance, dan Jellyfish Periodic Dropping. Pada penelitian ini routing protocol yang akan digunakan adalah Ad-hoc On Demand Multipath Distance Vector (AOMDV), yaitu pengembangan dari routing protocol AODV yang sering digunakan dalam pengujian serangan. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan pengujian routing protocol AOMDV terhadap serangan jellyfish delay variance dan jellyfish periodic dropping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi dan menggunakan perangkat lunak pendukung seperti OSM, SUMO dan simulator NS2. Parameter yang digunakan pada simulasi ini adalah throughput, packet delivery ratio, packet loss, delay, dan energy residual. Jumlah kendaraan yang diuji pada penelitian ini sebanyak 30, 50, 70, dan 100 buah. Setelah dilakukan pengujian, diketahui bahwa serangan Jellyfish Delay Variance lebih berdampak terhadap delay dan sisa energy. Sedangkan serangan Jellyfish Periodic Dropping lebih berdampak terhadap packet delivery ratio, packet loss, dan throughput.
Kata Kunci : VANET;AOMDV;Jellyfish delay variance;Jellyfish periodic dropping;Throughput;Packet delivery ratio;Packet loss;Delay;Energy


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 024 TI 2019
TI024
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
024 TI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xviii, 117 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
024 TI 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog