No image available for this title

Text

Rancang bangun sistem pendukung keputusan seleksi penerima beras untuk keluarga miskin dengan metode Analytic Hierarchy Process (AHP) (studi kasus: Kelurahan Bojong Pondok Terong Kota Depok)



Beras merupakan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Namun, tidak semua masyarakat kelas menengah ke bawah bisa mengkonsumsi beras secara rutin. Beras miskin (Raskin) merupakan subsidi pangan pokok dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi keluarga miskin sebagai upaya dari pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan pada keluarga miskin. Kelurahan Bojong Pondok Terong adalah kelurahan yang berada di Kota Depok, pengambilan keputusan yang dilakukan dalam penerimaan raskin yang terjadi dilakukan dengan cara subyektif yaitu tidak mengacu pada kriteria keluarga miskin menurut Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, sehingga penerima raskin bukan warga yang layak mendapatkannya. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dari permasalahan tersebut guna membantu menyelesaikan masalah di Kelurahan Bojong Pondok Terong. Sistem ini menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), karena dapat membantu memberikan suatu keputusan berdasarkan banyak kriteria dan alternatif, dengan mencari bobot untuk setiap kriteria kemudian dilakukan proses perhitungan alternatif, untuk menilai calon penerima beras berdasarkan kriteria yang ada. Sistem ini juga dikembangkan dengan metode Rapid Application Development(RAD) sebagai metode penelitiannya, dan tools Unified Modelling Language (UML) sebagai alat mendokumentasikan sistem. Dari hasil penelitian ini, pihak Kelurahan Bojong Pondok Terong khususnya Kasi Kemasyarakatan menyatakan bahwa sistem pendukung keputusan penerima raskin dapat membantu menentukan kelayakan menerima beras miskin.
Kata Kunci: SPK, Penerima Raskin, Kelurahan Bojong Pondok Terong, Analytic Hierarchy Process (AHP), Rapid Application Development (RAD), Unified Modelling Language (UML).


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 061 SI 2019
SI061
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
061 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxvi, 184 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
061 SI 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog