No image available for this title

Text

Analisis kinerja routing protocol AODV, AOMDV, dan EEAODV terhadap rushing attack dan flooding attack pada jaringan VANET (Vehicular Ad-Hoc Network)



Vehicular ad-hoc network (VANET) merupakan pengembangan dari mobile ad-hoc network (MANET) yang pada jaringan VANET menggunakan kendaraan sebagai node. Pada jaringan VANET masih meninggalkan masalah keamanan yaitu di karenakan VANET masih rentan terhadap serangan. Energi juga menjadi masalah pada VANET sehingga perlu dilakukan pemakaian secara efisien agar umur pada jaringan menjadi lebih tahan lama penggunannya. Routing protocol yang digunakan dalam penelitian yaitu AOMDV, AODV, dan EEAODV. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kinerja routing protocol AOMDV, AODV, dan EEAODV terhadap rushing attack dan flooding attack pada jaringan VANET. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dan beberapa program pendukung seperti OpenStreetMap, SUMO, NS2, NAM dan AWK untuk menguji routing protocol. Parameter Quality of Service (QOS) yang digunakan pada penelitian ini adalah throughput, packet loss, packet delivery ratio, energy, dan delay. Penelitian ini menggunakan jumlah node 60, dengan kondisi adanya 5 node rushing attack dan 5 node flooding attack. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan adanya rushing attack membuat nilai QoS atau kualitas jaringan mendapatkan nilai QoS yang cukup baik, karena nilai throughput menjadi bagus, nilai packet loss menjadi bagus, nilai packet delivery ratio menjadi bagus, nilai energy menjadi buruk, dan delay menjadi buruk. Sedangkan flooding attack dengan routing protocol AOMDV, AODV, dan EEAODV membuat output atau kualitas jaringan mendapatkan nilai yang buruk. Karena nilai throughput menjadi buruk,nilai packet loss buruk, nilai packet delivery ratio buruk, energy sisa menjadi bagus, dan delay bagus.
Kata Kunci : VANET, AOMDV, AODV, EEAODV Rushing Attack, Flooding Attack, Energy, NS2, NAM, AWK, QoS, Throughput, Packet loss, packet delivery ratio, energy, delay.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 041 TI 2019
TI041
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
041 TI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xii, 143 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
041 TI 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog