No image available for this title

Text

Pengujian kepuasan sistem informasi menggunakan end user computing satisfaction studi kasus: Industrial Property Administration System (IPAS) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia



Tingkat keberhasilan suatu sistem dapat diketahui melalui pengujian kepuasan pengguna sistem. Industrial Property Administration System (IPAS) pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia adalah sistem yang diterapkan untuk mengakomodasikan pengadministrasian sistem Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara komprehensif. Dalam implementasi IPAS ditemukan permasalahan pada sistem yaitu data yang tidak akurat, tampilan IPAS dianggap tidak up to date, kesulitan penggunaan IPAS, kinerja IPAS terhambat saat server down¸ keamanan IPAS rentan diretas, dan proses penambahan fitur kurang fleksibel serta memerlukan waktu relatif lama, sehingga penggunaan IPAS belum maksimal yang selanjutnya mempengaruhi tingkat kepuasan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna akhir IPAS serta menguji faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan model End User Computing Satisfaction (EUCS) dengan penambahan variabel security, dan flexibility. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai DJKI yang aktif menggunakan IPAS. Sampel yang dipilih dari populasi tersebut sebanyak 95 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan incidental sampling. Analisis data dilakukan melalui pendekatan PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pengguna IPAS berada pada tingkat puas dan terdapat 8 dari 13 hipotesis yang diterima sedangkan sisanya ditolak, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna akhir IPAS adalah content melalui accuracy, accuracy, content melalui format, content melalui ease of use, ease of use, content melalui timeliness, content melalui security, dan content melalui flexibility. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada pihak DJKI untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna akhir dalam pengembangan IPAS.
Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Sistem Informasi, IPAS, DJKI, End User Computing Satisfaction (EUCS), PLS-SEM, SmartPLS 3.0.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 062 SI 2019
SI062
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
061 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xviii, 149 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
061 SI 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog