No image available for this title

Text

Pengaruh Variabel Information Literacy, Perceived Validity, Dan Perceived Trust Terhadap Penerimaan Media Sosial Di Antara Pengguna Di Jabodetabek Sebagai Alat Penyebaran Informasi



Media sosial sudah menjadi media utama penyebaran informasi dikarenakan kemudahan penggunaannya. Akan tetapi, sebelum membagikan suatu informasi, harus diketahui kebenaran informasi tersebut. Kurangnya tingkat kemelekan informasi dapat menyebabkan ketidakmampuan dalam menilai kebenaran suatu informasi. Kemudian dengan kemudahan penggunaan media sosial dapat menyebabkan terjadinya penyebaran informasi yang belum diketahui kebenarannya secara masif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor kemelekan informasi, persepsi kebenaran, dan persepsi kepercayaan pengguna terhadap status penerimaan media sosial sebagai alat penyebaran informasi. Metode penelitian ini menggunakan model TAM 2 oleh Venkatesh & Davis (2000) dengan penambahan variabel Information Literacy, Perceived Validity, dan Perceived Trust dengan pendekatan kuantitatif. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan cara online dan offline serta pengumpulan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 405 responden pengguna media sosial di Jabodetabek. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Ms. Excel 2016 dan pendekatan PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah mayoritas penduduk Jabodetabek memiliki tingkat kemelekan informasi yang baik sehingga dapat menilai kebenaran informasi tersebut dan tidak semata-mata langsung mempercayai informasi yang diterimanya. Kemudian secara analisis statistik, variabel Information Literacy, Perceived Validity, dan Perceived Trust berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan media sosial sebagai alat penyebaran informasi. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat agar memverifikasi kebenaran informasi yang beredar di media sosial.
Kata Kunci: Media Sosial, Penyebaran Informasi, TAM, Information Literacy, Perceived Validity, Perceived Trust, PLS-SEM, SmartPLS.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 174 SI 2019
SI174
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
174 SI 2019
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
124 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
174 SI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog