Image of Perencanaan strategi digital pada startup financial technology syariah 
(studi kasus: PT Alami Fintech Sharia

Text

Perencanaan strategi digital pada startup financial technology syariah (studi kasus: PT Alami Fintech Sharia



Beberapa tahun terakhir, banyak perusahaan menerapkan teknologi digital pada proses bisnisnya. Perusahaan tersebut dikenal dengan istilah perusahaan Startup yang menyediakan jasa atau produk mereka melalui offline atau online. PT Alami Fintech Sharia merupakan perusahaan startup di bidang financial technology yang berfokus memberikan pembiayaan modal kerja berbasis syariah terhadap pelaku bisnis atau UKM melalui platform berbasis website. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, PT Alami Fintech Sharia memiliki masalah dalam pendokumentasian data layanan pembiayaan belum didukung oleh sistem informasi dan terdokumentasi secara manual. Permasalahan lain yang dimiliki perusahaan terkait sumber daya manusia yang masih terbatas dimana mayoritas memiliki background bankir profesional. Oleh karena itu, melihat perkembangan layanan yang ada pada industri financial technology saat ini sudah seharusnya PT Alami Fintech Sharia berbenah diri dalam menyikapi permasalahan yang ada dan menciptakan inovasi agar tujuan dan sasaran bisnisnya tercapai, sehingga perencanaan strategi digital dirasa perlu untuk mengatasi permasalahan yang ada dan mendukung perkembangan perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi perencanaan strategi digital versi Peppard and Ward. Tujuan dari peneltian ini merumuskan dan merencanakan strategi digital yang dapat digunakan sebagai landasan untuk menerapkan strategi dalam proses bisnis dan pemanfaatan teknologi digital pada PT Alami Fintech Sharia. Model perencanaan strategi digital ini dilakukan berdasarkan analisis lingkungan bisnis internal dan eksternal, dan analisis lingkungan SI/TI internal dan eksternal. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis five competitive forces, analisis PESTEL, analisis Mc Farlan’s strategic grid, analisis SWOT, analisis Internal Value Network, analisis Balanced scorecard, dan analisis Critical Successs Factors. Hasil dari Perencanaan Strategi Digital ini berupa Strategi Sistem Informasi, Strategi Teknologi Informasi dan Strategi Manajemen SI/TI.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 071 SI 2019
SI071
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
071 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xi, 207 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
071
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog