Image of Rancang bangun knowledge management system materi kuliah mahasiswa program studi sistem informasi (studi kasus Perguruan Tinggi Negeri Se-Dki Jakarta)

Text

Rancang bangun knowledge management system materi kuliah mahasiswa program studi sistem informasi (studi kasus Perguruan Tinggi Negeri Se-Dki Jakarta)



Data Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memuat informasi bahwa hanya lima dari 54 perguruan tinggi yang menyelenggarakan program studi sistem informasi yang terakreditasi A di DKI Jakarta. Dibukanya pasar perdagangan bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), semakin meningkatkan persaingan kerja yang dihadapi lulusan sistem informasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan knowledge management system (KMS) materi kuliah mahasiswa sistem informasi yang memberikan layanan sharing pengetahuan yang mudah diakses oleh mahasiswa secara efektif dan efisien. Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka, kuisioner, wawancara, dan observasi dan metode pengembangan sistem menggunakan Rapid Application Development (RAD), bahasa pemodelan Unified Modelling Languange (UML), bahasa pemrograman Java, dan MySQL DBMS. KMS ini menggunakan siklus Knowledge Management Meyer dan Zack dan model knowledge spiral Nonaka dan Takeuchi. Hasil penelitian ini adalah Knowledge Management System materi perkuliahan mahasiswa sistem informasi antar perguruan tinggi negeri di DKI Jakarta, yang dapat mendistribusikan baik pengetahuan tacit, maupun eksplisit diantara mahasiswa.
Kata Kunci: Rancang bangun, Knowledge, Knowledge Management System, Materi Kuliah Sistem Informasi, Perguruan Tinggi Negeri Provinsi DKI Jakarta, Rapid Application Development (RAD), Unified Modelling Languange(UML), Java, MySQL.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 074 SI 2019
SI074
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
074 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxxiii, 323 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
074
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog