Image of Evaluasi layanan pengaduan online ombudsman Republik Indonesia dengan usability evaluation methods

Text

Evaluasi layanan pengaduan online ombudsman Republik Indonesia dengan usability evaluation methods



Ombudsman Republik Indonesia (ORI) sebelumnya bernama Komisi Ombudsman Nasional adalah lembaga negara di Indonesia yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah evaluasi penilaian pengguna terhadap kualitas pada layanan pengaduan online Ombudsman Republik Indonesia dan mengusulkan rekomendasi dari tiap aspek usability agar pengembangan website pengaduan Ombudsman Republik Indonesia kelak dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method research) dengan pengguna website Ombudsman Republik Indonesia sebagai populasinya. Penelitian kualitatif menggunakan model Usability Evaluation dengan berdasarkan ISO 9126 tentang usability. Terdapat 3 atribut didalamnya yang terdiri dari effectiveness, efficiency dan satisfaction. Untuk penelitian kuantitatif menggunakan model WAMMI yang terdapat 5 atribut yaitu, attractiveness, controllability, efficiency, helpfulness, dan learnability. Proses analisis data menggunakan Performance Measurements, System Usability Scale (SUS) dan IBM SPSS versi 25. Berdasarkan hasil uji validitas pada atribut yang layak menjadi pembentuk suatu dimensi yaitu atribut yang memiliki nilai r hitung > 0.5, kemudian dicari validitasnya dengan uji signifikan (5%) atau 0.05. Hasilnya, semua atribut memiliki tingkat konsistensi > 0.444. Lalu dilakukan uji reliabilitas dengan menentukan nilai Cronbach’s Alpha. Terakhir, dilakukan analisis deskriptif bertujuan untuk menjelaskan masing-masing data meliputi nilai rata-rata (mean), dan nilai standar deviasi serta persentasi penilaian responden. Didapatkan nilai standar deviasi attractiveness 0.883, controllability 0.837, efficiency 0.871, helpfulness 0.889, dan learnability 0.883.
Kata Kunci: Usability, Usability Testing, ISO 9126, WAMMI, Mixed Method Research, SUS, IBM SPSS versi 25, E-Government, Ombudsman Republik Indonesia


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 082 SI 2019
SI082
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
082 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 118 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
082
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog