Image of Pengembangan prototipe aplikasi community aggregator beskem dengan pendekatan ucd menggunakan balsamiq mockup dan FIGMA 
(studi kasus: PT Mozaik Bintang Persada)

Text

Pengembangan prototipe aplikasi community aggregator beskem dengan pendekatan ucd menggunakan balsamiq mockup dan FIGMA (studi kasus: PT Mozaik Bintang Persada)



Komunitas penting bagi setiap individu untuk mengembangkan skill. Belum adanya aplikasi community aggregator yang user friendly membuat user kurang tertarik dalam menggunakan aplikasi community aggregator terdahulu. Penelitian ini berfokus pada pengembangan prototipe community aggregator yang bernama Beskem sampai pada tahap high fidelity prototype. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan UCD. Penelitian ini menggunakan software Balsamiq Mockup untuk pembuatan wireframe, dan Figma untuk pembuatan high fidelity prototype. UCD terbagi menjadi 5 teknik yaitu Plan the Human Centered Process dan Specify the Content of Use adalah tahap wawancara dengan dengan para expert. Specify the User and Organization Requirement adalah tahap wawancara dengan user yang menghasilkan user persona, diagram HTA, dan model skenario. Produce Design Solution adalah tahap pembuatan desain sampai pada high fidelity prototype, dan Evaluate Design Against Requirements yang merupakan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi Single Ease Questions (SEQ) dan System Usability Scale (SUS). Pada hasil testing SEQ, tanggapan pengguna memiliki tiga nilai yaitu 5 (cukup mudah), 6 (mudah) dan 7 (sangat mudah) pada skala likert. Dan dalam hasil testing SUS mendapatkan hasil Acceptable dengan nilai 84,5.
Kata Kunci : Pengembangan Prototipe, Community Aggregator, Beskem
User Centered Design (UCD), Single Ease Questions (SEQ), System Usability Scale (SUS)


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 061 TI 2020
TI061
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
061 TI 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 160 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
061
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog