Image of Pengukuran kepuasan pengguna akhir dengan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Sistem Administrasi Fundraising (SANDRA) pada Dompet Dhuafa Republika

Text

Pengukuran kepuasan pengguna akhir dengan menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) terhadap Sistem Administrasi Fundraising (SANDRA) pada Dompet Dhuafa Republika



SANDRA merupakan suatu sistem yang dibuat untuk pengolahan database yang berfokus pada pencatatan donasi, data donatur, pengiriman laporan dan sebagainya. Sesuai dengan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, masih terdapat kekurangan pada sistem yang berjalan saat ini, seperti adanya pergantian sistem sebanyak dua kali yang membuktikan bahwa pengguna merasa kurang puas dari segi kondisi sistem. Berdasarkan wawancara kepada beberapa fundraiser terkait input data, pada saat transaksi pengguna (fundraiser) merasa kurang puas dan kurang optimal karena hanya dapat dilakukan satu persatu dan jika terjadi error tidak dapat diperbaiki secara langsung dimana harus menunggu tindakan dari pihak CRM atau IT terlebih dahulu. Oleh karena itu, pengukuran kepuasan perlu dilakukan untuk mengetahui apakah sistem ini tergolong sistem yang berhasil atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir (fundraiser) terhadap SANDRA mobile application berdasarkan variabel content, accuracy, format, easy of use dan timeliness dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Model pengukuran yang digunakan peneliti yaitu end user computing satisfaction (EUCS) dengan pendekatan kuantitatif dan penyebaran kuesioner yang dilakukan secara online untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 25 fundraiser reguler area Jabodetabek, sehingga, peneliti memutuskan untuk menggunakan semua anggota populasi untuk dijadikan responden. Tool yang digunakan untuk mengolah data yaitu IBM SPSS Statistic 25. Adapun hasil yang diperoleh, yaitu variabel EUCS (content, accuracy, format, easy of use dan timeliness) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan fundraiser dengan tingkat kepuasan fundraiser sebesar 0,782 atau 78,2%.
Kata Kunci: EUCS, IBM SPSS Statistic 25, Kepuasan Pengguna, SANDRA


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 081 SI 2019
SI081
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
081 SI 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 126 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
081
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog