Image of Analisis penerapan green marketing mix pada CV. Madu Apiari Mutiara Kecamatan Cimanggis Depok

Text

Analisis penerapan green marketing mix pada CV. Madu Apiari Mutiara Kecamatan Cimanggis Depok



Isu mengenai lingkungan pada saat ini sudah menjadi perhatian banyak kalangan, tidak hanya pemerintah tetapi juga para pemilik perusahaan. Para pebisnis yang pro-lingkungan memiliki komitmen tinggi untuk mengimplementasikan Green Marketing. Salah satu jenis produk berwawasan lingkungan adalah produk madu. Menurut SNI-6729-2016, lebah tergolong hewan ternak organik dan madu merupakan bahan pangan organik. Bahan organik termasuk produk yang tergolong aman, higienis, baik untuk masyarakat, menyehatkan, dan tidak mengandung bahan berbahaya dari kontaminasi kimiawi, biologis dan fisika. Green Marketing Mix sebagimana marketing pada umumnya yang membicarakan tentang 4P yaitu product, price, place, promotion. Analisis mengenai kesesuaian dan konsistensi terhadap pembuatan produk yang berwawasan lingkungan dilakukan peneliti dengan memperhatikan kebijakan, SOP, dan SNI pada perusahaan dengan penerapan empat elemen Green Marketing Mix yaitu green product, green price, green place, dan green promotion di CV.Madu Apiari Mutiara. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis gap untuk mengetahui kesenjangan atau ketidaksesuaian antara proses pelaksanaan Green Marketing Mix dengan standar Green Marketing yang telah ditetapkan perusahaan. Kesesuaian penerapan Green Marketing Mix ditunjukkan pada elemen Green Product memperoleh persentase sebesar 79,4%, elemen Green Price sebesar 86,6%, elemen Green Place memperoleh 73,3%, dan perolehan pada Green Promotion memperoleh 68,8%. Hasil rekapitulasi persentase dengan nilai 76,97% menunjukkan penerapan elemen-elemen Green Marketing Mix memperoleh persentase 61%-80% yang berarti Perusahaan sudah memiliki SOP green marketing dan dilaksanakan sesuai SOP. Selain itu proses pelaksanaan tindakan berbasis green marketing masih banyak yang dilakukan tanpa adanya pencatatan dan dokumentasi.
Kata Kunci : Madu, Green Marketing Mix, Green Product, Green Price, Green Place, Green Promotion.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 021 AGR 2019
AGR021
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
021 AGR 2019
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
vi, 173 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog