Image of Rancang Bangun Sistem Informasi Spasial 
Pada Pelaporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata 
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 
(Studi Kasus : PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

Text

Rancang Bangun Sistem Informasi Spasial Pada Pelaporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Studi Kasus : PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



ABDURRAHMAN HARITS – 11150930000028, “Rancang Bangun Sistem Informasi Spasial Pada Pelaporan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Studi Kasus : PPM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)”, dibawah bimbingan ZAINUL ARHAM, M.SI dan EVA KHUDZAEVA, M.SI.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) merupakan lembaga yang didirikan berdasarkan pemahaman terhadap pentingnya integrasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mendukung pencapaian target Rencana Strategis (Renstra) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagai salah satu dari lima bidang LP2M, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) bertugas untuk mengkoordinir dalam pelaksanaan kegiatan dan program kerja di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui program Kuliah Kerja Nyata oleh mahasiswa dan dosen yang berasal dari berbagai fakultas. Namun saat ini, informasi dari hasil kegiatan KKN terdahulu di sebuah wilayah masih sangat sulit untuk diperoleh. Selain itu, sistem pelaporan kegiatan secara online juga belum dimiliki oleh pelaksana kegiatan KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sistem pelaporan sangat penting dalam kegiatan KKN dimana hal ini berperan untuk mengetahui perkembangan atau hasil dari program kerja yang telah dilakukan kelompok. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi berbasis web dan mobile yang dapat menunjukan lokasi dari hasil kegiatan KKN dan juga beberapa fitur salah satunya yaitu media untuk pelaporan kegiatan KKN. Peneliti menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan alat bantu Unified Modeling Language (UML). Sistem ini menggunakan PHP dan Java sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai database. Hasil yang dicapai adalah Sistem Informasi KKN-PPM yang merupakan sebuah sistem berbasis web dan mobile yang dapat digunakan oleh lembaga Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), peserta kegiatan KKN, dan publik yang memiliki fitur pelaporan kegiatan, laporan mingguan, pengunduhan buku KKN, dan notifikasi alarm tanda darurat yang bertujuan untuk membantu dalam pelaksanaan dan pelaporan kegiatan KKN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.


Kata kunci: Sistem Informasi Spasial, Sistem Informasi KKN, Kuliah Kerja Nyata, Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Rapid Application Development.


XX Halaman + V Bab + 226 Halaman + 80 Gambar + 49 Tabel + Daftar Pustaka + Lampiran


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 078 SI 2020
SI078
Tersedia
#
Perpustakaan FST (Skripsi) 078 SI 2020
078
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
078 SI 2020
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
XX, 226 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
078
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog