Image of Analisis Perbandingan Algoritma
K-Nearest Neighbor Dengan Algoritma
Support Vector Machine Pada Pengklasifikasian 
Hadits Shahih Muslim
(Studi Kasus: Hadits Shahih Muslim Pada Software Ensiklopedi Hadits “Kitab 9 Imam”)

Text

Analisis Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbor Dengan Algoritma Support Vector Machine Pada Pengklasifikasian Hadits Shahih Muslim (Studi Kasus: Hadits Shahih Muslim Pada Software Ensiklopedi Hadits “Kitab 9 Imam”)



Pertumbuhan data teks yang semakin pesat mendorong para peneliti membangun sebuah sistem untuk melakukan pengolahan terhadap kumpulan data teks tersebut. Salah satu teknik yang sering digunakan adalah klasifikasi teks. Teknik ini sudah banyak digunakan pada banyak penelitian dengan berbagai domain, namun masih sedikit yang melakukan penelitian dengan mengangkat domain teks kitab agama, salah satunya adalah Hadits. Pada penelitian ini dilakukan analisis perbandingan algoritma K-Nearest Neighbors dengan algoritma Support Vector Machine Pada Pengklasifikasian Hadist. Dataset yang digunakan pada penelitian ini adalah terjemahan hadist sahih muslim sebanyak 330 hadist yang dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas anjuran, larangan, dan informasi. Hasil yang didapatkan berupa analisis tingkat accuracy, precision, recall, dan f-measure. Hasil dari penelitian ini K-Nearest neighbor memiliki nilai accuracy, precision, recall, dan f-measure tertinggi yakni masing-masing 63.33%, 57.93%, 57.96%, 55.33%. Sedangkan nilai tertinggi dari Support vector machine masing-masing 65.45%, 67.13%, 63.29%, 59.66%.


Kata Kunci : Algoritma K-Nearest Neighbors, algoritma Support Vector Machine, klasifikasi teks, accuracy, precision, recall, f-measure


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 048 TI 2020
TI048
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
048 TI 2020
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 94 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
048
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog