Image of Aplikasi Prediksi Penjualan Dan Persediaan Barang Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Dan Economic Order Quantity
(Studi Kasus : Ud. Sumber Alam Stone)

Text

Aplikasi Prediksi Penjualan Dan Persediaan Barang Menggunakan Metode Single Exponential Smoothing Dan Economic Order Quantity (Studi Kasus : Ud. Sumber Alam Stone)



UD. Sumber Alam Stone merupakan usaha dagang yang menjual berbagai jenis batu alam. Dalam proses usaha dagang terdapat kendala berupa kurangnya persediaan barang. Untuk mengatasinya diperlukan solusi manajemen yang baik berupa peramalan terhadap penjualan dan persediaan barang. Dalam penelitian ini, penulis membangun aplikasi prediksi dengan menggunakan metode SES untuk memprediksi penjualan tahun 2019 dan metode EOQ untuk mengelola persediaan barang berupa pemesanan optimal, pemesanan ekonomis, biaya persediaan, safety stock dan reorder point pada tahun 2019. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penjualan batu alam dari tahun 2012 hingga 2018. Pengujian yang dilakukan pada aplikasi ini menggunakan pengujian blackbox. Hasil prediksi penjualan pada tahun 2019 adalah 2059 m^2, dari prediksi tersebut diperoleh pemesanan optimal sebesar 258 m^2 untuk setiap pemesanan ekonomis yang berjumlah 8 kali pemesanan dengan total biaya persediaan batu alam sebesar Rp. 4.868.322. safety stock atau persediaan pengamanan pada setiap kali melakukan stok barang sebanyak 30 m^2 dan reoder point atau titik pemesanan kembali pada lead time tercepat 3 hari sebanyak 32 m^2, sedangkan untuk lead time terlama 7 hari sebanyak 71 m^2.
Kata Kunci : SES, EOQ, Batu alam, Safety stock, Reorder point
Jumlah Halaman : BAB I-VI + XVII Halaman + 178 Halaman + V Lampiran


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 049 TI 2019
TI049
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
049 TI 2019
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
XVII, 178 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
049
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog