Image of Pengaruh Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L.) Pada Pakan Untuk Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Mas Koki (Carassius Auratus)

Text

Pengaruh Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia L.) Pada Pakan Untuk Pertumbuhan Dan Sintasan Ikan Mas Koki (Carassius Auratus)



Asrini Wijayanti. Pengaruh PenambahanEkstrak Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) pada Pakan untuk Pertumbuhan dan Sintasan Ikan Mas Koki (Carassius auratus). Skripsi. Progam Studi Biologi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. 2019. Dibimbing oleh Lili Sholichah dan PriyantiKondisi lingkungan yang tidak pada kadar optimumtidak dapat menunjang kehidupan ikan mas koki, sehingga menyebabkan pertumbuhan dan hasil produksimenurun. Oleh karena itu, penggunaan antioksidan alami ekstrakbuah mengkudu menjadi salah satu alternatif permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalahmendapatkan dosis terbaik penambahan ekstrak buah mengkudu pada pakan ikan.Metode penelitian ini menggunakan eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkapdengan Pengamatan Berulang. Perlakuan yang digunakan,yaitu menambahkan ekstrak buah mengkudu 0, 500, 1000, & 1500(mg/kg)pada pakan ikan.Berdasarkan hasil analisis statistikpenambahan ekstrak buah mengkudu yang berbeda memberikan pengaruh nyataterhadap pertumbuhan dan sintasan ikan mas koki.Pertambahan panjang tertinggi 8,45cmdan bobot 16,61gpada penambahan 1000 mg/kgdanpanjang 8,05cmdan bobot 15,84gpada penambahan 1500 mg/kgpakan.Persentasesintasan tertinggi pada penambahan 1000 mg/kg pada pakansebesar 98,44%.Kandungan proksimat yang terdapat dalam pakan meliputi kadar air, abu, lemak, protein, dan serat kasar dapat menunjang kehidupan ikan mas kokiberdasarkan standarmutu pembesaran ikan. Kualitas air yang meliputi kadarDO, suhu, pH, amonia, dan nitrit menunjukkan dalam batas normal untuk pemeliharaan ikan mas kokiberdasarkan standarmutu produksi ikan.Dosis terbaik untukmeningkatkan pertumbuhan dan sintasan ikan mas koki dengan menambahkanekstrak buah mengkudu1000 mg/kg pakan.Kata kunci: Antioksidan; Ikan mas koki; mengkudu; pertumbuhan; sintasan


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 043 BIO 2020
B043
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
043 BIO 2020
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
32 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
043
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog