Image of Penentuan Pemberian Dana Bantuan Untuk Rumah Tidak Layak Huni Melalui Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Weighted Product :
(Studi Kasus: Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat)

Text

Penentuan Pemberian Dana Bantuan Untuk Rumah Tidak Layak Huni Melalui Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode Weighted Product : (Studi Kasus: Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat)



Muhammad Arif Billah – 1113093000122, Penentuan Pemberian Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni Melalui Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Medote Weighted Product (Studi Kasus: Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat), dibawah bimbingan Ibu Meinarini Catur Utami, MT dan Ibu Rinda Hesti Kusumaningtyas, MMSI.

Penentuan penerima bantuan rumah tidak layak huni (RTLH) merupakan salah satu masalah yang menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Desa Banjarawaru, karena banyaknya data pengajuan bantuan yang masuk mengakibatkan sulitnya menentukan penerima bantuan dikarenakan anggaran yang ada terbatas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu pihak Desa Banjarwaru selaku pemerintah yang mempunyai otoritas dalam menentukan penerima dana bantuan tersebut dengan objektif bukan berdasarkan subjektif. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode Weighted Product (WP) dimana metode ini memberikan nilai bobot pada setiap kriteria dan selanjutnya dilakukan perangkingan untuk menetukan prioritas penerima bantuan. Dalam sistem ini yang dimaksud dengan kriteria seperti kontruksi atap, dinding, lantai, kepemilikan rumah dan lain-lain. Dalam melaksanakan pemenuhan kebutuhan program, metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Perancangan sistem dilakukan dengan notasi Unified Modelling Language (UML). Sistem pendukung keputusan ini dikembangkan berbasis web dengan bahasa pemograman PHP sedangkan untuk mengelola basis data menggunakan MySQL. Dimana hasil sistem ini berupa perhitungan dengan perangkingan calon prioritas yang akan menerima bantuan tersebut. Sistem pendukung keputusan mempermudah dalam penentuan penerima bantuan oleh pemerintah Desa Banjarwaru.

Kata Kunci : Sistem pedukung keputusan, RTLH, Kriteria, Weighted Product (WP), Rapid Application Development (RAD), Unified Modelling Language (UML).

BAB I – V + 143 Halaman + XXI Halaman + 43 Gambar + 37 Tabel + Pustaka


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 100 SI 2020
S100
Tersedia
#
Perpustakaan FST (Skripsi) 100 SI 2020
SI1002020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
100 SI 2020
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
161 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
100
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog