No image available for this title

Text

Strategi pengembangan model bisnis dengan pendekatan wawasan pelanggan (studi kasus UMKM Home Siomay, Kota Bogor)



Home Siomay merupakan UMKM yang bergerak di badang pengolahan makanan. Untuk mengembangkan usaha diperlukan strategi agar dapat tetap kompetitif dan memberikan nilai maksimal kepada pelanggan. Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis lingkungan strategis pada Business Model Canvas Home Siomay, 2) Pemetaan kebutuhan dan karakteristik pelanggan pada Home Siomay, 3) Merumuskan alternatif strategi berdasarkan kebutuhan pelanggan, dan 4) Men-design prototype model bisnis yang ideal berdasarkan prioritas strategi untuk 10 tahun ke depan. Ruang lingkup penelitian ini mencakup 9 komponen model bisnis kanvas dan isu strategi Home Siomay. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder berupa beberapa data time series. Data bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis yang berlangsung saat ini, Peta Empati untuk memetakan kebutuhan pelanggan, Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) untuk merumuskan alternatif strategi, dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menyintesis prioritas strategi. Berdasarkan hasil analisis SWOT, Home Siomay memiliki komponen kosong dan kelemahan dari beberapa komponen. Berdasarkan hasil peta empati 6 komponen, Home Siomay memiliki kekuatan pada segi kualitas produk dan beberapa kelemahan pada kemasan, pelayanan, dan manajemen. Berdasarkan hasil analisis SWOT, terumuskan 8 alternatif strategi antara lain 1) Pengembangan segmen pelanggan, 2) Inovasi produk dan kemasan, 3) Peningkatan mutu karyawan, 4) Integrasi sistem online, 5) Komputerisasi data dan formulasi produk, 6) Peningkatan Customer Relationhips management, 7) Membuat promosi untuk meningkatkan citra merek, 8) Integrasi vertikal. Berdasarkan hasil sintesis AHP, strategi integrasi sistem online memiliki nilai tertinggi untuk diprioritaskan dengan nilai (0,192).
Kata Kunci : UMKM, Badan Pusat Statistik (BPS), Business Model Canvas (BMC), Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT), Analytical Hierarchy Process (AHP)


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 029 2020
AGR 029 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 029 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 194 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR 029 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog