No image available for this title

Text

Strategi pengembangan usaha Primer Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (PRIMKOPTI) Jakarta Selatan



Jumlah Koperasi di Indonesia kurun waktu tahun 2014 sampai 2017 banyak mengalami pemangkasan, dari jumlah Koperasi 212.570 unit sekarang tinggal 152.694 unit. Artinya sebanyak 59.876 unit atau 28% Koperasi dibubarkan. Akhir tahun 2018 tercatat jumlah Koperasi sebanyak 149.821 unit, masih ada lagi yang dibubarkan atau dilikuidasi sebanyak 3.531 unit atau 2%.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal yang merupakan kekuatan kelemahan bagi PRIMKOPTI Jakarta Selatan dan faktor eksternal yang merupakan peluang ancaman bagi PRIMKOPTI Jakarta Selatan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT; (2) Merumuskan beberapa alternatif strategi pengembangan usaha PRIMKOPTI Jakarta Selatan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT; (3) Menentukan prioritas strategi yang paling tepat dalam pengembangan usaha PRIMKOPTI Jakarta Selatan menggunakan matriks QSP.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan kuesioner secara sistematik dengan panduan wawancara berupa kuesioner kepada 3 orang narasumber. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Identifikasi faktor internal dan eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSP. Serta dibantu dengan pengolahan data menggunakan software excel 2018.
Hasil penelitian diketahui terdapat 22 faktor internal PRIMKOPTI Jakarta Selatan yang teridentifikasi dan 12 faktor eksternal. Berdasarkan Matriks IE, perusahaan berada pada diagram I yaitu posisi Grow atau Build. Kemudian pada Matriks SWOT didapatkan 8 strategi yang terdiri atas 2 strategi S-O, 2 strategi W-O, 2 strategi S-T, dan 2 strategi W-T yang dapat dijalankan oleh perusahaan. Selanjutnya strategi tersebut diolah dan didapatkan alternatif strategi yang sebaiknya diakukan perusahaan dengan menggunakan analisis Matriks QSP.
Kata Kunci : Strategi, Strategi Pengembangan, IFE, EFE, IE, SWOT, QSPM, Koperasi


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) AGR 034 2020
AGR 034 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 034 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 135 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR 034 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog