No image available for this title

Text

Strategi pemasaran daging kebab sapi di PT. Sari Kreasi Boga, Jakarta Selatan



Pengolahan daging sapi menjadi cara dalam meningkatkan dan menarik masyarakat dalam mengkonsumsi daging sapi. Berbagai varian dan inovasi dalam pengolahan dapat meningkatkan nilai tambah (added value) pada daging sapi. PT. Sari Kreasi Boga adalah salah satu perusahaan yang memproduksi sekaligus memasarkan produk olahan daging sapi. Produk olahan daging sapi tersebut berupa daging sapi yang diolah sebagai bahan baku kebab dengan merek dagang ‘’Kebab Saga’’. PT. Sari Kreasi Boga memposisikan dirinya sebagai produk olahan daging sapi yang aman dikonsumsi masyarakat.
Berbagai permasalahan seperti adanya kendala dalam proses pemasaran produk, keluhan dari konsumen dalam proses pemasaran dan penjualan produk belum maksimal mencapai target, berdampak pada kinerja dan keberlangsungan PT. Sari Kreasi Boga dalam proses pemasarannya. Permasalahan yang telah ada tersebut melatar belakangi tujuan penelitian, yaitu: (1) Menganalisis faktor internal pemasaran yang selama ini diterapkan di PT. Sari Kreasi Boga, (2) Menganalisis alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pemasaran daging kebab sapi di PT. Sari Kreasi Boga, (3) Merancang prioritas strategi yang dapat diterapkan pada pemasaran daging kebab sapi di PT. Sari Kreasi Boga.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari penelitian lapang dengan cara mengumpulkan data terkait langsung dengan topik penelitian. Data primer dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup dengan pihak perusahan yaitu General Manager, General Affair Manager, dan Logistic Manager. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai instansi terkait serta studi pustaka dan sumber literature yang mendukung untuk memperkuat teori sebagai dasar dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive (sengaja) kepada pihak-pihak yang memahami permasalahan dan kondisi perusahaan dalam proses pemasaran produk di PT. Sari Kreasi Boga, dilakukan dengan cara wawancara sebagai studi pendahuuan permasalahan, selanjutnya kuesioner terbuka berupa FGD (Focus Grup Discussion) diberikan kepada tiga orang pakar, yaitu General Manager, General Affair Manager, dan Logistic Manager. Selanjutnya yaitu metode kuesioner terbuka dan tertutup dengan melakukan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan yang telah disediakan pilihan jawabannya untuk dipilih oleh informan yang telah ditetapkan lalu diolah menggunakan alat bantu software komputer yaitu Expert Choice 11 dan Microsoft Excel 2013.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa Faktor yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran di PT. Sari Kreasi Boga ditentukan berdasarkan bauran pemasaran 7P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat/Distribusi (Place), Promosi (Promotion), Lingkungan Fisik (Physical Evidence), Tenaga Kerja xi

(People), dan Proses (Process). Aktor yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran PT. Sari Kreasi Boga terdiri dari President Director, General Manager, dan Logistic Manager. Alternatif strategi yang berpengaruh dalam Strategi Pemasaran PT. Sari Kreasi Boga terdiri dari meningkatkan kualitas mutu produk, melakukan penetrasi harga, memperbesar jangkauan pemasaran, memberikan promosi penjualan, dan memberikan pelatihan kepada karyawan.
Berdasarkan hasil pengolahan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), bahwa prioritas utama PT. Sari Kreasi Boga dalam strategi pemasaran daging kebab sapi adalah dengan meningkatkan kualitas mutu produk dengan bobot 0.351, selanjutnya melakukan penetrasi harga dengan bobot 0.340, selanjutnya memperbesar cakupan pemasaran dengan bobot 0.165, selanjutny memberikan promosi penjualan dengan bobot 0.092, dan yang terakhir yaitu memberikan pelatihan kepada karyawan dengan bobot 0.052.
Kata kunci: Analytical Hierarchy Process (AHP), PT. Sari Kreasi Boga, Daging Kebab Sapi, Strategi Pemasaran


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST AGR 030 2020
AGR 030 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
AGR 030 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 161 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
AGR 030 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog