No image available for this title

Text

Pengelolaan data rekam medis menggunakan standar data Health Level Seven (HL7)



Rekam medis sangatlah penting yang biasanya dengan menulis di buku pasien ini merupakan cara lama dan memiliki banyak kekurangan. Kekurangan itu sendiri adalah tidak efisien dan efektivitas, membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar, mudah rusak, membutuhkan waktu proses yang lama dan sering terjadi human error di dalamnya. Maka membutuhkan pencatatan rekam medis dengan berbasis teknologi dimana memiliki kelebihan yaitu menjadi lebih efisien dan efektifitas serta tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Saat ini Indonesia sedang memerangi virus baru yaitu Covid-19. Dimana virus tersebut menyerang warga Indoneisa dengan skala besar. Dengan adanya kondisi tersebut maka dibeberapa rumah sakit memiliki peningkatan dalam pencatatan data pasien baru untuk melakukan registrasi pendaftaran dan tentu saja rekam medis pasien tersebut. Dengan memiliki standar baku untuk sebuah protocol yang berkaitan dengan standarisasi system informasi berintegritas antar rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien Covid-19 ini, sehingga menjadi efektif dan efisien.
Dengan meningkatkan efektifitas dan efisien dalam menanggulangi dan mencegah perluasan dari Covid-19 menggunakan system informasi berbasis teknologi. Dengan kecepatan penyebaran dari virus tersebut juga kita tidak kalah dalam kecepatan system informasi. Sehingga para rumah sakit harus saling berintegrasi saling berbagi data perihal Covid-19 ini. Untuk itu peneliti menggunakan HL7.
Health Level Seven (HL7) merupakan sebuah standar yang menyediakan untuk pertukaran, integrasi, berbagi dan pencarian keterangan dari alat informasi kesehatan. Level 7 dari HL7 berasal dari level ketujuh dari Open System Interconnection (OSI). Dimana level ketujuh mempunyai fungsi mengkomunikasikan data antara aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Dengan demikian HL7 memiliki arti komunikasi data kesehatan antar satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.
Penggunaan Health Level Seven (HL7) dalam penelitian ini akan melakukan pengelolaan data pada rumah sakit untuk pertukaran informasi data dalam bidang kesehatan agar dapat mempermudah dalam mengelola data pasien menjadi lebih terstruktur.
Kata Kunci : Health Level Seven (HL7),Covid-19,Pengelolaan Data, Rekam Medis


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) TI 099 2020
TI 099 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TI 099 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 92 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TI 099 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog