No image available for this title

Text

Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi Krl Access untuk Meningkatkan User Interface dan User Experience Menggunakan Usability Evaluation Methods



KRL Access merupakan aplikasi khusus kereta commuter line yang dibuat oleh PT. Kereta Commuter Indonesia yang memberikan informasi terkait posisi kereta dan jadwal kereta kepada pengguna kereta commuter line. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi user interface dan user experience pada aplikasi KRL Access untuk meningkatkan user interface dan user experience dengan menggunakan usability evaluation methods serta memberikan rekomendasi desain user interface dan hasil pengukuran user experience sebagai solusi atas hasil pengujian yang telah dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melibatkan pengguna aplikasi KRL Access atau pengguna kereta commuter line sebagai populasinya. Penelitian kualitatif ini menggunakan model Usability Evaluation yang melibatkan teknik dari metode Usability Inspection yaitu Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough serta teknik dari metode Usability Testing yaitu Performance Measurement. Terdapat 3 (tiga) parameter usability yang diuji dalam penelitian ini, yaitu Effectiveness, Efficiency, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, didapatkan bahwa bahwa rata-rata nilai dari prinsip heuristic 1-10 didominasi oleh angka 3 dan 4, angka ini menunjukkan bahwa KRL Access perlu mengadakan perbaikan UI. Hasil perbandingan UT1 dan UT2 pada penelitian menunjukkan adanya kenaikan dari setiap parameter usability, yaitu effectiveness (10%), efficiency (22,39%) dan satisfaction (28,50%).
Kata Kunci: Usability, Usability Evaluation, Usability Testing, Heuristic Evaluation, Performance Measurement, Cognitive Walkthrough, System Usability Scale, KRL Access.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) SI 173 2020
SI 173 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SI 173 2020
Penerbit Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xv, 111 hlm; 29 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SI 173 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog