No image available for this title

Text

Pengaruh Perbaikan Rolling Resistance Pada Jalan Angkut Terhadap Estimasi Biaya Produksi Andesit Dengan Simulasi Menggunakan Aplikasi Talpac 10.2 Di PT.Lotus SG Lestari



Penelitian ini dilaksanakan di PT. Lotus SG Lestari. Dari hasil pengamatan terdapat banyak segmen jalan yang tidak memenuhi kretia atau memliki rolling resistance yang besar sehingga produktivitas tidak maksimal.
Dengan latar belakang penelitian yang dilakukan oleh (Tubagus Reja) yaitu mencari besar biaya yang dapat diefisiensi dengan cara memperbaiki grade jalan sedangkan penelitian yang dilakukan saat ini adalah mencari besar biaya yang dapat diefisiensikan dengan cara memperbaiki rolling resistance. Penelitian ini dilakukan dengan simulasi menggunakan aplikasi TALPAC agar mengetahui besar persentase antara jalan sebelum diperbaiki dan jalan yang sesudah diperbaiki. Dilakukan penyetaraan alat dengan alat yang ada dilapangan. Penyetaraan untuk excavator mencakup horse power (HP) , kapasitas bucket, swing speed, dan dumptruck peyetaraan mencakup horse power (HP), kapasitas vessel, maksimum kecepatan. Hal dilakukan karena alat dilapangan tidak tersedia di aplikasi TALPAC.
Penelitian ini mengamati 2 jalan, yaitu bench 4 dengan jarak 1537 meter dengan alat DT Tonly dan Kobelco SK330, mempunyai 33 segmen jalan dan memakan biaya produksi sebesar Rp. 11,446/bcm dan setelah melakukan perbaikan jalan menjadi Rp. 10,747/bcm, sedangkan untuk bench 7 dengan jarak 1486 meter dengan alat DT Hino dan Kobelco SK330, mempunyai 33 segmen jalan memakan biaya produksi sebesar Rp. 10,678/bcm dan setelah melakukan perbaikan jalan menjadi Rp. 9,811/bcm. Perbaikan menggunakan Motor grader dan Vibratory dan pembelian sirdam dengan total biaya perbaikan sebesar Rp.20.656.472.
Dari hasil perhitungan diatas dapat dilihat setelah perbaikan biaya produksi bench 4 ke crushing plant A mengalami penurunan biaya sebesar Rp. 699/bcm dan bench 7 ke crushing plant A mengalami penurunan biaya sebesar Rp. 867/bcm untuk . Perbaikan jalan tersebut hanya mencangkup biaya perbaikan rolling resistance pada jalan angkut saja.
Kata Kunci : Biaya, Rolling resistance, Produktivitas


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) TP 011 2020
TP011 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TP 011 2020
Penerbit Fak>sains Teknolog Prodi Tambangg : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
XiX, 186 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TP 011 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog