No image available for this title

Text

Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Bunga Potong:studi kasus pondok lily rawa belong, Jakarta Barat



Penelitian berjudul Pengaruh Faktor Sosial, Budaya, Pribadi dan Psikologis terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Bunga Potong (Studi Kasus Pondok Lily Rawa Belong, Jakarta Barat) bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik konsumen; (2) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis (masing-masing faktor) terhadap keputusan pembelian konsumen; dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh keempat faktor di atas (secara bersama-sama) terhadap keputusan pembelian konsumen bunga potong di Pondok Lily. Penelitian tersebut dilakukan pada bulan November 2019 sampai Januari 2020. Tujuannya adalah untuk menjelaskan pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi, dan psikologis (variabel independen) terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bunga potong (variabel dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang melakukan pembelian di Pondok Lily. Sampel berjumlah 70 responden yang didapatkan dengan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif yang diambil dari sumber primer dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tetapi, bila dilihat secara parsial, hanya faktor pribadi dan psikologis yang berpengaruh sedangkan faktor sosial dan budaya tidak. Faktor sosial tidak berpengaruh karena konsumen sudah memiliki pengalaman membeli bunga potong dan tersedianya informasi online yang mengurangi interaksi sosial. Informasi dari pengelola dan online lebih mereka percaya daripada teman. Faktor budaya juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen karena bunga potong kurang populer di lingkungan budaya mereka. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 45,1%.
Kata kunci: bunga potong, keputusan pembelian konsumen, pengaruh faktor sosial budaya pribadi psikologis, regresi linear berganda.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST 070 AGR 2020
AGR0702020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
070 AGR 2020
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
135 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
070
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog