No image available for this title

Text

Rancang bangun sistem e-layanan skripsi dan PKL berbasis website studi kasus program studi sistem informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta



Program Studi Sistem Informasi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi salah satu program studi yang diminati dan memiliki banyak mahasiswa setiap tahunnya. Pandemi yang baru-baru ini dialami oleh seluruh masyarakat dunia yaitu virus corona atau Corona Virus Diseases (Covid-19) menyebabkan aktiftias fisik dan pertemuan fisik menjadi terbatas, salah satu layanan akademik ditingkat prodi yang terkena dampak dari pandemi ini yaitu proses bimbingan PKL dan skripsi. Waktu yang dibutuhkan oleh prodi dalam memberikan pelayanan jadi terhambat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dalam pengajuan proposal skripsi dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Program Studi Sistem Informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses approval-nya, yaitu mencapai lebih dari satu minggu. Selain itu, prodi mengalami kesulitan dalam monitoring atau controlling mahasiswa dan dosennya yang sedang skripsi maupun PKL. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem e-layanan yang dapat membantu prodi dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen khusunya dalam melayani PKL dan skripsi. Mempercepat, memonitoring, dan mendokumentasikan alur serta aktifitas pelayanan skripsi dan PKL pada Program Studi Sistem Informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu Rapid Application Development (RAD), Unified Modeling Language (UML) sebagai tools perancangan sistem, PHP sebagai bahasa pemrograman dalam membangun sistem dengan MySQL sebagai database-nya, Codeigniter sebagai framework dari bahasa pemrograman yang digunakan. Hasil penelitian adalah sebuah sistem yang dapat membantu Program Studi Sistem Informasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam memberikan pelayanan skripsi dan PKL kepada dosen dan mahasiswanya.
Kata Kunci: Rancang Bangun Sistem Informasi, E-layanan, Program Studi Sistem Informasi, Universitas, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Rapid Application Development, Unified Modeling Language, PHP, MySQL, Codeigniter.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) SI 192 2020
SI 192 2020
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
SI 192 2020
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxxiii, 398 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
0192
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog