No image available for this title

Text

Analisis usability berdasarkan pengguna goal-directed user dan experiential user pada situs website dengan metode heuristic evaluation (studi kasus: bukalapak.com)



Bukalapak merupakan salah satu online marketplace di Indonesia yang sudah menyandang status unicorn (predikat yang diberikan kepada perusahaan rintisan yang memiliki valuasi lebih dari $1M) sejak Oktober 2020. Bukalapak mewadahi transakasi antara penjual dengan pembeli melalui jaringan internet dengan mudah dengan sistem bisnis Customer to Customer (C2C). Pada saat ini marketplace di Indonesia sudah berkembang pesat baik marketplace dalam bentuk mobile application maupun website. Website suatu marketplace berfungsi untuk menampilkan informasi terkait produk atau jasa yang dijual, serta dapat membangun interaksi antara penjual dengan konsumen secara tidak langsung. Kualitas website pada suatu marketplace dapat menjadi pondasi dari suksesnya marketplace tersebut. Berdasarkan hasil survey kepada pengguna e-commerce di Indonesia pada aspek “user experience on the website” menunjukan bahwa merasa pengalaman pengguna yang diberikan bukalapak.com kurang baik,serta terdapat keluhan beberapa keluhan pengguna yang dikemukakan pada forum diskusi pada website bukalapak.com. User experience menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu website, untuk mengembangkan dan mempertahankan situs website ditengah persaingan diperlukan uji usability berdasarkan pengalaman pengguna agar situs yang dihasilkan dapat membuat pengguna tidak berpindah ke kompetitor. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan penilaian terkait dengan evaluasi usability dari pengguna goal-directed user dan experiental user situs berdasarkan user experience yang didapatkan ketika mengakses situs website Bukalapak.com. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation (HE) yang memiliki 10 aspek dalam penilaian usability yang dapat memberikan rekomendasi dari aspek usability berdasarkan nilai severity ratings yang bertujuan agar bukalapak dapat mengembangkan situs website dengan memperbaiki kekurangan yang ada pada situs Bukalapak.com dengan tepat sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna Dalam penelitian ini di dapatkan nilai severity ratings tertinggi pada aspek Match between System and The Real World dengan tingkat minor, dimana perbaikan perlu dilakukan pada menu utama, tampilan teks, penggunaan ikon serta isi dari halaman situs Bukalapak.com.
Kata Kunci: Usability, Usability Testing, User Experience, Website, Heuristic Evaluation, Goal-Directed User, Experiential User, IBM SPSS Statistics versi 28.0.0.0, Bukalapak.com


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 232 SI 2021
232 SI 2021
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
232 SI 2021
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvi, 161 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
232
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog