No image available for this title

Text

Analisis keputusan pembelian produk buah pisang berdasarkan preferensi konsumen pada aplikasi tukangsayur.co Agen Mitra Ciputat



Belanja sayur dan buah secara online telah menjadi sebuah tren di masyarakat beberapa tahun belakangan. Ditambah dengan adanya imbauan dari pemerintah untuk tetap berada di rumah dan melakukan pembatasan sosial, maka berbelanja secara online sudah menjadi sebuah kebutuhan. Aplikasi tukangsayur.co merupakan salah satu aplikasi online groceries yang dapat dipilih dalam memenuhi kebutuhan pokok termasuk dengan buah-buahan. Produk buah yang paling sering dipesan adalah buah pisang. Ketersediaan berbagai jenis buah pisang dalam aplikasi menyebabkan konsumen dihadapkan pada pilihan antara memilih dan membeli buah tersebut. Konsumen dapat melakukan pembelian dengan berbagai faktor seperti atribut yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik responden buah pisang pada aplikasi tukangsayur.co, dan (2) menganalisis atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian buah pisang aplikasi tukangsayur.co.
Penelitian dilaksanakan bulan Oktober 2020 hingga Februari 2021 pada agen mitra tukangsayur.co wilayah Ciputat. Jumlah sampel yang digunakan sejumlah 90 orang. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan cara non-probability sampling karena tidak semua konsumen memiliki kesempatan/peluang yang sama untuk menjadi sampel, hanya konsumen yang pernah membeli buah pisang melalui aplikasi tukangsayur.co yang bisa dijadikan sebagai sampel. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui karakteristik responden, dan analisis multiatribut fishbein untuk mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan secara berturut-turut.
Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan karakteristik konsumen yang membeli buah pisang melalui aplikasi tukangsayur.co. Konsumen tersebut berjenis kelamin perempuan memiliki rentang usia 30-39 tahun, mempunyai 4 orang anggota keluarga, frekuensi pembelian kurang dari 2 kali sebulan, berpendidikan telah lulus perguruan tinggi, berpendapatan sebesar >Rp6.000.000, memiliki pekerjaan sebagai karyawan dan ibu rumah tangga serta melakukan pemesanan pada sore hari. Dari 5 area kerja mitra yang ada, domisili konsumen paling banyak adalah wilayah Ciputat dengan agen mitra yang dipilih Rahmat dan Alfin TSMart. Berdasarkan analisis multiatribut fishbein, atribut yang dipertimbangkan konsumen secara berturut-turut adalah jenis, rasa, jumlah buah, harga, dan warna. Saran yang bisa diberikan, sebaiknya menambah jumlah buah pisang Cavendish Sunpride yang akan dikirimkan ke konsumen menjadi lebih dari 4 buah dan bagi agen mitra yaitu tiap agen mitra sebaiknya lebih memperhatikan atribut buah sebelum melakukan proses pengiriman.
Kata Kunci : Buah pisang, Aplikasi tukangsayur.co,
Agen Mitra Ciputat,


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 137 AGR 2021
137 AGR 2021
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
137 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
v, 99 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
137
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog