No image available for this title

Text

Rancang bangun knowledge management system posyandu balita untuk meningkatkan kinerja kader posyandu balita (Studi Kasus: Posyandu Balita Se-Kota Administrasi Jakarta Timur)



Knowledge Management (KM) adalah suatu proses yang dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi, memilih, mengelola, menyebarkan dan mentransfer informasi. Perbedaan perilaku yang cukup signifikan pada kegiatan posyandu balita membuat perbedaan pada partisipasi masyarakat untuk datang ke posyandu. Tidak meratanya pengetahuan yang dimiliki oleh kader posyandu dan kurangnya sosialisasi dan pembinaan keterampilan juga menyebabkan lemahnya informasi yang diterima oleh kader posyandu. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kinerja kader posyandu, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Knowledge Management System (KMS) yang dapat mewadahi PKK kader Posyandu Balita dari tingkat kota sampai tingkat RW Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur, sehingga knowledge yang dibutuhkan untuk melaksanakan posyandu balita merata dan tersimpan secara sistematis. Metode KMS yaitu SECI Model dan Analisis Core Process Knowledge Management. Sedangkan metode pengembangan sistemnya menggunakan Rapid Application Development (RAD), Unified Modeling Language (UML) sebagai tools perancangan sistem, PHP sebagai bahasa pemrograman dalam membangun sistem dengan framework Codeigniter, dan MySQL sebagai database-nya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu kader PKK Posyandu Balita dalam mendapatkan knowledge yang dibutuhkan sehingga kualitas dari kinerja kader PKK dapat meningkat.
Kata kunci: Rancang Bangun, Knowledge Management System, Posyandu Balita, Posyandu Balita Kota Administrasi Jakarta Timur, Rapid Application Development, Unified Modelling Language, PHP, Codeigniter, MySQL.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 1150 SI 2020
SI1150
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
1150 SI 2020
Penerbit Fak.Sains Tenologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
187 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1150
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog