No image available for this title

Text

Mitigasi risiko rantai pasok kerupuk pada UD perdana Jaya Bekasi Jawa Barat



UD Perdana Jaya Merupakan salah satu perusahaan di Kabupaten Bekasi yang bergerak pada bidang industri pengolahan tepung yang menghasilkan produk kerupuk. Sampai saat ini, UD Perdana Jaya telah memproduksi 7 jenis kerupuk mulai dari kerupuk matahari, kerupuk suka, kerupuk matahari merah, kerupuk suka merah, kerupuk bawang super, kerupuk tenggiri mas, dan kerupuk sari udang.
Bagi perusahaan, meminimalisir kerugian merupakan hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Namun dalam perjalanannya, perusahaan masih memiliki beragai kendala seperti belum adanya kontrak kerja sama dengan pemasok dan permintaan dari konsumen yang tidak pasti. Perusahaan banyak menghadapi risiko rantai pasok mulai dari tingkat pemasok hingga tingkat konsumen. Oleh karen itu, perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor penyebab dan dampak risiko yang timbul pada aktivitas alur rantai pasok dan kemudian dapat ditentukan program-program yang tepat untuk mengurangi risiko pada rantai pasok kerupuk UD Perdana Jaya.
Penelitin ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi risiko pada rantai pasok kerupuk UD Perdana Jaya (2) Mengukur seberapa besar risiko pada rantai pasok UD Perdana Jaya (3) Memetakan risiko pada rantai pasok UD Perdana Jaya (4) Mengetahui strategi mitigasi risiko pada rantai pasok UD Perdana Jaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan panduan kuisioner kepada 9 orang narasumber yang terbagi atas 3 tingkatan dalam rantai pasok kerupuk UD Perdana Jaya. Metode yang digunakan pada peelitian ini adalah Diagram Tulang Ikan (Fishbone), Hous Of Risk (HOR) Fase 1, Diagram pareto dan House Of Risk (HOR) Fase 2.
Hasil pada penelitian ini diketahui terdapat 10 kejadian risiko pada tingkat pemasok, 11 kejadian risiko pada tingkat manufaktur, dan 6 kejadian risiko pada tingkat distributor. Kemudaian terdapat 25 penyebab risko pada tingkat pemasok, 28 penyebab risiko pada tingkat manufaktur, dan 12 penyebab risiko pada tingkat distributor. Berdasarkan prioritas penyebab risiko tersebut maka ditentukan 23 strategi mitigasi risiko yang akan dilakukan
Kata Kunci: Risiko, Rantai Pasok, Fishbone, HOR, Diagram Pareto, Kerupuk


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 1303 AGR 2019
AGR1303
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
1303 AGR 2019
Penerbit Fak.Sains Tenologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
174 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1303
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog