No image available for this title

Text

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tahu di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan Kota Jakarta Selatan



Menurut survei yang dilakukan terhadap pedagang tahu keliling yang ada di Kelurahan Bintaro, menunjukan omzet dari setiap pedagang tahu yang berada di Kelurahan Bintaro berbeda-beda. Pedagang tahu keliling yang berjualan di sekitar RW 1 sampai dengan RW 6 mendapatkan rata-rata omzet dalam sebulan sebesar Rp4.160.000, sedangkan pedagang tahu keliling yang berjualan di sekitar RW 7 sampai RW 15 mendapatkan rata-rata omzet dalam sebulan sebesar Rp. 3.520.000. Jika pedagang tahu keliling yang memiliki omzet lebih rendah dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan permintaan tahu maka masalah rendahnya omzet dapat diminimalisasi. Oleh karena itu faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan terhadap komoditas sangat penting dalam meningkatkan penjualan yang berdampak pada peningkatan omzet di Kelurahan Bintaro.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Tahu di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan Kota Jakarta Selatan, (2) Menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap permintaan tahu di Kelurahan Bintaro. langsung kepada masyarakat di Kelurahan Bintaro. Sumber Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari responden yaitu sampel rumah tangga di Kelurahan Bintaro. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tahu adalah harga tahu (HTh), harga tempe HTm), jumlah anggota keluarga (JAK), dan pendapatan keluarga (PK). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda didapatkan hasil uji t dengan taraf kepercayaan 95% yang menyimpulkan bahwa variabel harga tahu (HTh), jumlah anggota keluarga (JAK) dan pendapatan keluarga (PK) berpengaruh nyata terhadap permintaan tahu di Kelurahan Bintaro. Faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan Tahu memiliki pengaruh sebesar 40.2% di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan Kota Jakarta Selatan dan sisanya sebesar 59,8% dipengaruhi dari variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Survei, omzet, harga tahu (HTh), harga tempe (HTm), jumlah anggota keluarga (JAK), pendapatan keluarga (PK), Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan Kota Jakarta Selatan.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 138 AGR 2021
AGR138
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
138 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 93 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
138
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog