No image available for this title

Text

Pengambilan Keputusan Pembelian Komoditas Daging Sapi Melalui Aplikasi Tukangsayur.Co di Masa Pandemi Covid-19



Pada beberapa tahun belakang ini, dunia teknologi berkembang dengan
sangat cepat seperti penggunaan internet of things dan smartphone, pada tahun 2021
73,7% penduduk Indonesia sudah menggunakan internet dalam kehidupannya
sehari-hari. Semenjak virus covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah
memberlakukan pembatasan sosial di seluruh daerah, sehingga terjadi sebuah
perubahan perilaku konsumen yang membuat masyarakat menggunakan internet
dalam menjalankan aktivitasnya termasuk dalam membeli kebutuhan pokok. PT.
Mahakarya Tukang Sayur Indonesia (TukangSayur.co) sejak 2016 sebagai aplikasi
penyedia kebutuhan pokok seperti sayur, buah dan daging secara online.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana karakteristik
konsumen dalam pengambilan keputusan konsumen membeli daging di aplikasi, 2)
Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memutuskan
membeli daging di aplikasi, dan 3) Menganalisis faktor apa yang paling
mempengaruhi konsumen dalam membeli daging di aplikasi dengan . Penelitian ini
dilakukan kepada pengguna aplikasi TukangSayur.co yang berada di Jabodetabek
dengan jumlah sampel 70 responden dengan data primer yang bersumber dari
penyebaran kuisioner online melalui google form. Data yang diperoleh akan
dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda untuk
mengetahui faktor apa yang mempengaruhi dan faktor mana yang paling
mempengaruhi konsumen dalam memutuskan pembelian daging sapi melalui
aplikasi TukangSayur.co.
Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa karakterisitik konsumen
yang menjadi pengguna aplikasi TukangSayur.co adalah di rentang usia yaitu 36-
40 tahun dengan jenis kelamin perempuan. Rata-rata pendidikan terakhir konsumen
adalah S1 / S2 / S3, dengan penghasilan perbulan Rp. 4.000.000 s/d R.p 5.000.000
dan berprofesi sebagai karyawan swasta. Konsumen biasanya membeli hanya disaat
tertentu dan melakukan pembelian di aplikasi TukangSayur.co karena dapat
menghemat waktu dan tenaga. Melakukan pembelian dengan rentang waktu ratarata
15.00 s.d 19.00 WIB. Pernah melakukan pembelian diaplikasi lain selain
TukangSayur.co karena jadwal pemesanan yang tidak 24 jam dan adanya testimoni
dari orang lain di sosial media. Dari 6 faktor yaitu faktor produk, harga, promosi,
tempat, partisipan, dan proses secara keseluruhan memiliki pengaruh, namun faktor
yang paling berpengaruh adalah faktor promosi. Saran yang diberikan adalah
TukangSayur.co dapat lebih mendorong promosi untuk meningkatkan keyakinan
konsumen untuk memutuskan membeli daging di aplikasi TukangSayur.co
Kata Kunci : Karakteristik Konsumen, Keputusan konsumen, Aplikasi, Daging


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 238 AGR 2022
AGR238
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
238 AGR 2022
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiii, 147 hlm: 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
238
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog