No image available for this title

Text

Rancang Bangun Sistem Informasi Layanan Mandiri Perpustakaan Berbasis Arsitektur Microservice (studi kasus: Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)



Perpustakaan pada era modern memiliki beberapa fungsi yaitu penyimpanan, sumber informasi, pendidikan, rekreasi informatif, kultural, dan promotif. Untuk merealisasikan fungsi-fungsi tersebut, perpustakaan perlu memiliki sistem yang terintegrasi dan terbarukan. Pusat Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai objek studi kasus penelitian ini sudah menawarkan beragam layanan yaitu layanan sirkulasi, layanan keanggotaan, layanan deposit karya ilmiah, dan layanan penelusuran koleksi perpustakaan. Namun dari sekian banyak layanan yang disediakan, masih terdapat permasalahan yang peneliti temukan, di antaranya pada sisi proses layanan yang masih belum terdigitalisasi sepenuhnya, serta pada sisi sistem layanan yang menggunakan dua sistem berarsitektur monolithic yang berbeda-beda, saling berdiri sendiri, dan tidak terintegrasi. Dari temuan tersebut, peneliti mengusulkan sebuah sistem informasi layanan mandiri perpustakaan berbasis arsitektur microservice yang mengintegrasikan tiap-tiap layanan ke dalam
satu ekosistem pengembangan sistem yang berkelanjutan dan pada akhirnya dapat menyederhanakan dan memudahkan proses layanan dari sisi pemustaka maupun pustakawan. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah research and development method dengan metode pengembangan sistem Rapid Application Development (RAD) dan alat pemodelan Unified Modeling Language (UML), kemudian dibangun menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil akhir penelitian ini berupa sistem informasi layanan mandiri perpustakaan yang memiliki tingkat ketersediaan, skalabilitas, dan stabilitas yang tinggi, untuk memudahkan berjalannya proses layanan dan memudahkan pengembangan system pada lingkup perpustakaan secara umum.
Kata Kunci: Rancang bangun, Sistem informasi, Layanan mandiri, Perpustakaan, Microservice.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 348 SI 2022
SI348
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
348 SI 2022
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xx, 233 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
348
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog