No image available for this title

Text

Pengembangan aplikasi informasi tempat parkir terdekat di Provinsi DKI Jakarta menggunakan location based service (lbs) dan google maps api (studi kasus: unit perparkiran dinas perhubungan DKI Jakarta)



Semakin bertambahnya jumlah penduduk yang menggunakan transportasi pribadi menyebabkan perlunya jumlah tempat parkir yang memadai. Tetapi, sistem perparkiran yang ada saat ini belum optimal dan masih menggunakan cara konvensional dengan tenaga sumber daya manusia. Untuk sistem informasi tempat parkir (e-parkir) yang terdapat pada Dinas Perhubungan DKI Jakarta saat ini sedang dalam tahap perkembangan dengan berbasis mobile apps yang dimana sistem ini juga masih memiliki kekurangan, beberapa juga tidak terdapat alternatif titik lokasi parkir lain yang terdekat. Hal tersebut menyebabkan pencarian tempat parkir menjadi tidak efisien. Melihat permasalahan tersebut, para pelaku yang memiliki kebutuhan penting di jalan raya ingin memberikan layanan informasi tempat parkir dengan lebih baik dan efisien bagi pengendara. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan mengembangkan sistem aplikasi informasi tempat parkir berbasis mobile dengan teknologi Location Based Service (LBS) dan web service yaitu Google Maps API. Penggunaan Android Studio dan bahasa pemrograman PHP juga digunakan untuk memaksimalkan pengembangan sistem berbasis mobile ini. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) untuk pengembangan project yang singkat. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi tempat parkir terdekat berbasis android yang dibuat berdasarkan langkah – langkah dari metode RAD. Hasil pengujian sistem yang dilakukan menggunakan pengujian User Acceptance Testing (UAT) mendapatkan persentase hasil kesesuaian 100% dan menunjukan bahwa pengembangan sistem aplikasi informasi tempat parkir terdekat dengan mengimplementasikan LBS dan Google Maps API ini dapat menyelesaikan masalah.
Kata Kunci : Tempat Parkir, mobile, Location Based Service, Google Maps API, Rapid Application Development, User Acceptance Testing.
Daftar Pustaka : 6 Buku, 3 Skripsi, 23 Jurnal dan 6 website.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 211 TI 2022
TI211
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
211 TI 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 141 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog