No image available for this title

Text

Perbandingan metode klasifikasi naïve bayes dan support vector machine pada analisis sentimen review gojek



Layanan PT. Gojek Indonesia sangat bermanfaat bagi masyarakat salah satunya mendapatkan solusi terkait masalah transportasi yang terjadi, terutama pada kota – kota besar. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas perusahaan adalah pandangan masyarakat atau umpan balik (review). Namun pemantauan review para pengguna tidak mudah, dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak untuk diolah. Analisis sentimen adalah salah satu cara untuk memahami apakah termasuk opini positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja kedua algoritma klasifikasi yang digunakan yaitu naive bayes dan support vector machine, kemudian menganalisa perbandingan kinerja kedua algoritma tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Support Vector Machine memiliki kinerja paling baik dengan nilai accuracy 99.43% sementara Naïve Bayes sebesar 98,57%. Dengan akurasi tersebut, model yang dibuat mampu mengklasifikasi kategori positif dan negatif pada suatu dokumen dengan baik.Kata Kunci : Analisis Sentimen, Gojek, Naïve Bayes, Support Vector Machine


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 200 TI 2021
TI200
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
200 TI 2021
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 59 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog