No image available for this title

Text

Pengukuran keberhasilan dalam kinerja individual Flip dengan menggunakan model delone & mclean dan efek moderasi Task-Technology Fit (TTF)



Keberhasilan suatu sistem dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dan memperoleh keunggulan kompetitif pada suatu perusahaan. Penelitian keberhasilan sistem informasi mengevaluasi penciptaan, distribusi, dan penggunaan informasi melalui teknologi yang efektif. Sistem informasi akan dievaluasi berdasarkan kontribusinya terhadap realisasi misi dari organisasi. Penelitian ini mengukur kinerja individual dari perusahaan dalam bidang FinTech yaitu Flip dengan layanan utamanya mengedepankan transfer antar bank secara gratis. Dalam implementasinya, Flip menghadapi berbagai permasalahan yang bersumber dari keluhan para penggunanya seperti kesulitan menggunakan system karena tidak sesuai ekspektasi pengguna baru karena merasa sistem Flip kompleks, sistem yang dependensi dengan pelayanan bank sehingga jika layanan bank sedang bermasalah maka salah satu layanan di Flip tidak bisa digunakan, pilihan bank yang terbatas, dianggapnya tidak efesien dalam segi waktu karena adanya waktu pemrosesan, serta dianggap buruk pelayanan dari customer service dalam mesreponse kesulitan yang dihadapi pengguna sehingga dari permasalahan ini mempengaruhi keberhasilan kinerja individual dari Flip. Salah satu model pengukuran keberhasilan kinerja individual suatu sistem informasi adalah model
Delone & McLean dan TTF yang dapat menjelaskan tentang kinerja individu system informasi pada tahap pasca adopsi sebagai manfaat bagi pengguna dimana adanya kecocokan antara teknologi dengan pekerjaan pengguna yang didukung oleh teknologi yang digunakannya yang dipengaruhi juga dari kemunculan rasa kepuasan setelah menggunakannya. Penelitian ini mengadopsi pendekatan peneliatian secara kuantitatif, menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 432 responden dan dianalisa dengan metode PLS-SEM dengan SmartPLS 3.3.3. Hasil dari pengukuran keberhasilan kinerja individual Flip menunjukan 13 dari 18 hipotesis yang diajukan diterima. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kinerja individual Flip adalah Task-Technology Fit dan User Satifaction. Dari hasil pengukuran ini kepada pihak Flip memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kinerja individual terutama hipotesis yang ditolak dalam penelitian ini yaitu Use atau Penggunaan dimana pengguna dapat menggunakan sistem secara maksimal serta tingkat interaksi yang lebih aktif antara pengguna terhadap sistem.
Kata Kunci: Delone & McLean, Flip, Keberhasilan Sistem Informasi, Kinerja Individu, Task-Technology Fit


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 297 SI 2021
SI297
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
297 SI 2021
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xxiv, 257 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
297
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog