No image available for this title

Text

Analisis pengaruh kualitas website traveloka.com terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna menggunakan metode Webqual 4.0 dan E-S-Qual



Traveloka merupakan salah satu website yang bergerak pada kegiatan jasa pelayanan penjualan tiket dan booking hotel berbagai kebutuhan baik tiket kapal, tiket bus, tiket kereta, sampai dengan tiket pesawat. Berdasarkan penelitian, bahwasannya traveloka masih memiliki masalah pada websitenya, yaitu informasi yang tidak akurat, kurang tanggap pelayanan, serta website yang mengalami downtime pada waktu tertentu, sehingga masalah-masalah ini dapat menyebabkan penurunan rasa puas pengguna yang dikhawatirkan tidak mau lagi menggunakan jasa Traveloka. Untuk itu, diperlukan penelitian terkait kualitas website terhadap kepuasan serta loyalitas pengguna website Traveloka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pengguna website Traveloka. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu Webqual 4.0 yang terdiri dari dimensi usability, information quality, dan service interaction quality, dan E-S-Qual dengan satu dimensi yaitu system availability. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang di mana untuk mendapatkan data dengan cara sebar kuesioner. Responden yang didapat sebanyak 404 pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan aplikasi smartPLS versi 3.3.2. Pada hasil penelitian, menunjukkan bahwasannya faktor-faktor kualitas website yang mempengaruhi yaitu usabilitas, kualitas informasi, kualitas layanan interaksi, dan ketersediaan sistem terhadap kepuasan pengguna, serta kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan dapat menjadi pertimbangan atau rekomendasi bagi pihak pengembang website Traveloka dalam memperhatikan kualitas website agar bisa meningkatkan kepuasan serta loyalitas pengguna, dan menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya untuk mengetahui pengaruh kepuasan dan loyalitas pengguna.
Kata kunci: Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna, Webqual 4.0, E-S-Qual


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 235 SI 2020
SI235
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
235 SI 2020
Penerbit Prodi SI Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xix, 174 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
235
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog