No image available for this title

Text

Hubungan karakteristik konsumen dengan preferensi atribut daging sapi di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu



Konsumsi daging sapi terpusat di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat ( Bappenas 2015 ). DKI Jakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki tingkat konsumsi daging sapi tinggi secara nasional. Daging sapi adalah pilihan konsumsi protein nomor dua masyarakat DKI Jakarta setelah daging ayam (Sweeney, 2018). Salah satu tempat pembelian daging sapi di DKI Jakarta yaitu Toko Tani Indonesia Center ( TTIC ) Pasar Minggu.
TTIC Pasar Minggu merupakan upaya pemerintah dalam menjaga harga daging sapi melalui Kementrian Pertanian bidang Ketahanan Pangan yang bertujuan untuk memotong rantai pasok sistem agribisnis Indonesia sehingga memberikan tingkat keuntungan yang seimbang antara keuntungan harga yang diterima petani dan keuntungan yang didapat konsumen. Keputusan konsumen rumah tangga membeli daging sapi di TTIC Pasar Minggu tentu saja memiliki karakteristik yang akan menggambarkan perilaku konsumen dan mempertimbangkan atribut daging sapi itu sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut daging sapi, dan menganalisis hubungan karakteristik konsumen dengan preferensi atribut daging sapi di TTIC Pasar Minggu. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah convinience sampling dengan 100 responden. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis chi-square menggunakan software SPSS versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen daging sapi TTIC Pasar Minggu adalah mayoritas perempuan, berusia 41 – 50 Tahun ,berstatus sudah menikah, berpendidikan minimal SMA/SMK Sederajat , berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga, memiliki pendapatan per bulan > Rp4.000.000, dan anggota keluarga berjumlah 3 – 4 orang.
Preferensi Konsumen TTIC Pasar Minggu terhadap atribut daging sapi yaitu warna daging merah terang, bertekstur kenyal, tidak memiliki kandungan lemak, beraroma sedap, potongan daging bagian atas, mementingkan logo halal, dan mementingkan kebersihan daging sapi.
Hasil analisis chi-square menunjukkan adanya hubungan karakteristik konsumen dengan preferensi atribut daging sapi di TTIC Pasar Minggu. Hubungan tersebut menujukkan adanya perbedaan preferensi tentang atribut perlemakan berdasarkan karakteristik usia, status pernikahan, dan tingkat pendidikan. Selain itu, tidak terdapat perbedaan preferensi tentang atribut daging sapi lainnya berdasarkan karakteristik jenis kelamin, jenis pekerjaan, pendapatan per bulan, dan jumlah anggota keluarga.
Kata Kunci : Konsumsi, daging sapi, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bappenas 2015, Toko Tani Indonesia Center ( TTIC ), Pasar Minggu


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 155 AGR 2021
AGR155
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
155 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 162 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
155
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog