No image available for this title

Text

Analisis sentimen berbasis aspek pada ulasan aplikasi tangerang live menggunakan latent dirichlet allocation dan naïve bayes



Tangerang LIVE merupakan aplikasi layanan publik terintegrasi milik Pemerintah Kota Tangerang untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan pemerintahan. Walaupun aplikasi Tangerang LIVE mendapatkan rating yang cukup baik di Play Store, layanan yang diberikan masih belum maksimal, berdasarkan keluhan masyarakat yang dapat dilihat pada kolom ulasan aplikasi Tangerang LIVE. Penelitian Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Ulasan Aplikasi Tangerang Live Menggunakan Latent Dirichlet Allocation dan Naïve Bayes bertujuan untuk mengetahui aspek dan klasifikasi sentimen yang ada pada aplikasi Tangerang LIVE dengan menggunakan algoritma Latent Dirichlet Allocation dari library Gensim untuk pemodelan topik dan Naïve Bayes dari library Scikit Learn untuk klasifikasi sentimen, lalu hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari tiap aspek yang ada pada aplikasi Tangerang LIVE dan nilai kinerja algoritma LDA dan Naïve Bayes. Yang nantinya hasil penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk Pemerintah Kota Tangerang meningkatkan layanan aplikasi Tangerang LIVE. Dataset yang digunakan adalah ulasan user aplikasi Tangerang LIVE di Play Store yang didapat dengan cara scraping. Penelitian ini menggunakan Latent Dirichlet Allocation untuk pemodelan topik dan Naïve Bayes untuk pengklasifikasian sentimen. Pemodelan topik menggunakan LDA menghasilkan 4 aspek, yaitu: User Interface, User Experience, Functionality and Performance, Support and Updates. Untuk klasifikasi sentimen menggunakan Naïve Bayes hasil akurasi yang didapat adalah 87,80% lalu dilakukan evaluasi kinerja algoritma menggunakan Kurva ROC menghasilkan nilai AUC 0,94.
Kata Kunci: Analisis Sentimen Berbasis Aspek, Tangerang LIVE, Latent Dirichlet Allocation, Naïve Bayes, Lexicon Based, Kuva ROC.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 355 ST 2022
SI355
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
355 SI 2022
Penerbit Fak. Sains dan Tenologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xv, 89 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
355
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog