No image available for this title

Text

Analisis kepuasan pengguna aplikasi mobile pelayanan pelanggan telekomunikasi menggunakan metode end-user computing satisfaction (eucs)



Meningkatnya jumlah pengguna layanan telekomunikasi di Indonesia serta perkembangan teknologi yang semakin pesat mengakibatkan perusahaan-perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia untuk saling bersaing guna memberikan layanan terbaik kepada para penggunanya. Aplikasi yang diteliti merupakan aplikasi digital assistant yang memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kuota dan pembelian kuota internet dan pulsa, dan pemberian penukaran poin yang dapat ditukarkan untuk beberapa pembelian layanan. Namun pada kenyataannya, aplikasi ini masih memiliki beberapa kelemahan yang dirasakan oleh pengguna, di antaranya kecepatan aplikasi yang berjalan lambat, aplikasi tidak user friendly, dan informasi kuota atau pulsa yang ditampilkan tidak sesuai aslinya, sehingga kepuasan pengguna terhadap aplikasi masih belum optimal dan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pengguna serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi kepuasan pengguna aplikasi mobile. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness yang terdapat pada metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan disertai penambahan dua variabel yaitu system speed dan system reliability. Populasi pada penelitian ini merupakan pengguna aplikasi dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Proses analisis data menggunakan pendekatan PLS-SEM dan aplikasi SmartPLS versi 3.3.3. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari total 7 hipotesis yang diuji, terdapat 2 hipotesis yang ditolak, yaitu accuracy dan ease of use. Penelitian ini memberikan gambaran kepuasan pengguna aplikasi dan dapat memberikan pertimbangan bagi pengembang aplikasi dalam rencana pengembangan aplikasi agar dapat lebih baik lagi.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Aplikasi Mobile, Pelayanan Pelanggan, EUCS, SmartPLS, PLS-SEM


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 349 SI 2022
SI349
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
349 SI 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 131 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
349
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog