No image available for this title

Text

Desain Kembali dan Evaluasi Game Bahasa Arab Menggunakan Metode Prototyping dan Heuristic (Studi Kasus: Aplikasi Game Bara)



Di Indonesia, dimana agama Islam merupakan agama yang dipeluk oleh mayoritas warga negara Indonesia, tidak semua umat Islam di Indonesia bisa baca Al-Qur’an, yang merupakan kitab suci dari agama Islam. Dibutuhkan cara untuk mempelajari bahasa Arab agar pengguna lebih fokus dan memahami materi yang dipelajari yaitu dengan gamifikasi.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian terdahulu oleh (Putri Fajriati et al., 2020) dengan penyesuaian berdasaran empat komponen keterampilan dalam mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini berfokus pada elemen gamifikasi desain aplikasi. Perancangan desain aplikasi menggunakan metode prototyping sedangkan penilaian desain user interface menggunakan metode Heuristic Evaluation. Kuesioner Heuristic Evaluation dibagikan kepada 3 responden dan diolah dengan pengukuran skala Likert. Hasil yang didapatkan adalah bahwa desain aplikasi BARA telah memenuhi kriteria usability yang merupakan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi sebanyak 81.36% yang berada pada skala Sangat Menarik.
Kata Kunci : Game, Bahasa Arab, Game Bahasa Arab, Metode Prototyping, Heuristic Evaluation, Skala Likert, Figma


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 304 TI 2022
TI304
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
304 TI 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 127 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
304
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog