No image available for this title

Text

Mitigasi risiko usaha roasting biji kopi pada UD. Doma Dona Jakarta Selatan



UD Doma Dona adalah salah satu perusahaan di Kota Jakarta Selatan yang bergerak dalam bidang pengolahan biji kopi yang menghasilkan produk biji kopi roasting. Dalam menjalankan usahanya, perusahaan menghadapi risiko pada aktivitas usahanya mulai dari persiapan bahan baku, proses produksi sampai pemasaran. Untuk menghindari terjadinya kerugian finansial lebih lanjut diperlukan penelitian mengenai faktor-faktor penyebab dan dampak yang ditimbulkan untuk kemudian dapat ditentukan langkah-langkah yang tepat untuk menghindari risiko usaha pada studi kasus usaha biji kopi UD Doma Dona Jakarta Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memetakan dan mengidentifikasi risiko usaha pada. (2) Mengukur tingkat risiko usaha biji kopi. (3) Memetakan risiko usaha biji kopi. (4) Menetapkan strategi mitigasi risiko usaha biji kopi pada UD Doma Dona Jakarta Selatan.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara, dengan panduan wawancara berupa kuesioner kepada narasumber langsung. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Diagram Tulang Ikan (Fishbone), House Of Risk (HOR) fase 1, Diagram Pareto dan House Of Risk (HOR) fase 2. Serta dibantu dengan pengolahan data menggunakan software excel 2016.
Hasil penelitian ini diketahui pada saat dilakukan wawancara dengan narasumber dan analisis data menggunakan Diagram Tulang Ikan (fishbone) terdapat 18 kejadian risiko, 7 kejadian pada aktivitas persiapan bahan baku, 9 kejadian risiko pada proses produksi dan 2 kejadian risiko pada aktivitas pemasaran. 25 penyebab risiko usaha 8 penyebab risiko pada aktivitas persiapan bahan baku, 15 penyebab risiko pada aktivitas produksi dan 2 penyebab risiko pada aktivitas pemasaran.. Berdasarkan analisis HOR fase 1 yang dipetakan dengan diagram pareto diketahui agen atau penyebab risiko yang menjadi prioritas penanganan yaitu 13 penyebab risiko pada aktivitas usaha biji kopi di UD Doma Dona. Berdasarkan prioritas penyebab risiko tersebut maka ditentukan 10 strategi mitigasi risiko yang akan dilakukan.
Kata Kunci : Risiko, Mitigasi, Diagram pareto, HOR, Fishbone, Kopi


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 154 AGR 2021
AGR154
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
154 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xiv, 132 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
154
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog