No image available for this title

Text

Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada Kedai Kopi Dado Kalisari



Kopi Dado merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Kalisari yang menyediakan berbagai macam varian minuman kopi dari biji kopi pilihan asli Indonesia. Kopi Dado adalah kedai kopi yang didirikan saat pandemi dan berhasil bertahan sampai saat ini meskipun menghadapi persaingan yang cukup ketat. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat beberapa permasalahan dalam penjualan minuman Kopi Dado yang berfluktuatif setiap bulannya dan ditemukan adanya indikasi ketidakpuasan pada konsumennya. Oleh karena itu Kopi Dado perlu mengenali apa yang menjadi kemauan konsumen dengan meninjau melalui beberapa faktor penentu dalam menciptakan kepuasan serta membentuk loyalitas bagi konsumennya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan store atmosphere terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada Kedai Kopi Dado Kalisari.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan, yaitu informasi langsung dari responden melalui pengisian kuesioner di Kopi Dado berupa tanggapan dari setiap responden mengenai kualitas pelayanan, lokasi, store atmosphere, kepuasan dan loyalitas konsumen. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari studi literatur (buku, jurnal, skripsi) dan data dari pihak Kopi Dado yang terkait dengan penelitian. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah SEM-Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 39,7%, lokasi sebesar 33,2%, dan store atmosphere sebesar 35,7% terhadap kepuasan konsumen, serta kepuasan konsumen memiliki pengaruh sebesar 68% terhadap loyalitas konsumen. Kemudian kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 27%, lokasi sebesar 22,5%, dan store atmosphere sebesar 24,2% terhadap loyalitas melalui kepuasan konsumen. Hal tersebut mengartikan bahwa semakin baik pelayanan, lokasi, dan store atmosphere akan meningkatkan rasa puas serta menumbuhkan sikap loyal konsumen terhadap Kopi Dado.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, SEM-PLS


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (SKRIPSI) 159 AGR 2021
159AGR
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
159 AGR 2021
Penerbit Prodi Agribisnis Sains Teknologi UIN JKT : Jakarta, Ciputat.,
Deskripsi Fisik
xvii, 186 hlm; 28 cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
159
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog