No image available for this title

Text

Pengaruh harga dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik melalui aplikasi whatsapp di PT Agro Organik Indonesia Kota Tangerang Selatan



Saat ini penggunaan internet, mewabahnya virus corona dan kebijakan pembatasan gerak berdampak pada cara belanja masyarakat yang beralih ke belanja online. Perubahan tersebut mengakibatkan munculnya berbagai media berbelanja, salah satunya WhatsApp business. Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh fitur WhatsApp business serta banyaknya pengguna WhatsApp di Indonesia menjadi peluang yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, salah satunya Organicbox. Organicbox merupakan sebuah usaha yang memasarkan sayuran organik melalui WhatsApp. Terdapat beberapa keluhan dari konsumen yang berkaitan dengan harga, kualitas produk, hingga kualitas pelayanan. Apabila keluhan tersebut tidak segera diatasi maka dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen yang melakukan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp. (2) Menganalisis pengaruh secara langsung harga terhadap minat beli sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (3) Menganalisis pengaruh secara langsung kepercayaan konsumen pada kualitas produk terhadap minat beli sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (4) Menganalisis pengaruh secara langsung kepercayaan konsumen pada kualitas pelayanan terhadap minat beli sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (5) Menganalisis pengaruh secara langsung harga terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (6) Menganalisis pengaruh secara langsung kepercayaan konsumen pada kualitas produk terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (7) Menganalisis pengaruh secara langsung kepercayaan konsumen pada kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (8) Menganalisis pengaruh secara langsung minat beli terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp (9) Menganalisis pengaruh tidak langsung antara harga terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp yang dimediasi oleh minat beli (10) Menganalisis pengaruh tidak langsung antara kepercayaan konsumen pada kualitas produk terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp yang dimediasi oleh minat beli (11) Menganalisis pengaruh tidak langsung antara kepercayaan konsumen pada kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp yang dimediasi oleh minat beli.
Penelitian dilakukan di Organicbox pada bulan November hingga Desember 2021. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, Sumber data yaitu primer (hasil kuesioner, wawancara) dan sekunder (studi literatur). Metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Populasinya adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian sayuran organik di Organicbox melalui WhatsApp sedangkan jumlah sampel yaitu 100 responden. Hasil kuesioner dianalisis dengan metode statistik deskriptif dan SEM-PLS yang diolah menggunakan software SmartPLS.
Hasil penelitian pada pengaruh secara langsung, hasil menunjukkan bahwa harga dan kepercayaan pada kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli, sedangkan kepercayaan pada kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat beli. Kemudian harga, kepercayaan pada kualitas produk, dan minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan pada kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian pada pengaruh secara tidak langsung menunjukkan bahwa harga, kepercayaan pada kualitas produk dan kepercayaan pada kualitas pelayanan masing-masing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Hasil uji R2 pada variabel minat beli memiliki nilai sebesar 0,528 yang artinya bahwa variabel harga, kepercayaan pada kualitas produk, dan kepercayaan pada kualitas pelayanan secara bersama-sama mampu mempengaruhi minat beli sebesar 52,8%. Pada variabel keputusan pembelian memiliki nilai sebesar 0,407 yang artinya bahwa variabel harga, kepercayaan pada kualitas produk, kepercayaan pada kualitas pelayanan, dan minat beli secara bersama-sama mampu mempengaruhi minat beli sebesar 40,7%.
Kata Kunci: Harga, Kepercayaan Konsumen pada Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen pada Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Keputusan Pembelian, WhatsApp.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 215 AGR 2022
AGR215
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
215 AGR 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
iix, 123 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
215
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog