Detail Cantuman
Pencarian SpesifikText
Analisis model bisnis kampung hidroponik gang hijau asmat dengan pendekatan Business model canvas
Kampung Hidroponik Gang Hijau Asmat adalah kelompok tani yang memiliki usaha dibidang budidaya tanaman sayur dengan penerapan teknik hidroponik. Jumlah produksi belum memenuhi permintaan, variasi jenis sayur masih sedikit, dan jangkauan pemasaran yang masih sempit, menyebabkan perlu adanya pengembangan bagi usaha kelompok tani Kampung Hidroponik Gang Hijau Asmat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi model bisnis yang dimiliki Kampung Hidroponik Gang Hijau Asmat saat ini berdasarkan elemen business model canvas, 2) Menganalisis keinginan dan kebutuhan pelanggan terhadap sayur hidroponik berdasarkan komponen empathy map, 3) Menganalisis aktvitas kunci yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan customer segment berdasarkan quality function deployment, dan 4) Merumuskan inovasi model bisnis baru untuk Kampung Hidroponik Gang Hijau Asmat berdasarkan elemen business model canvas. Ruang lingkup penelitian hanya dibatasi untuk memperbaharui proses bisnis agar produk atau jasa yang dihasilkan lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Business Model Canvas (BMC) untuk menggambarkan model bisnis saat ini, Peta Empati untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, House of Quality untuk mendefinisikan hubungan antara keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan kualitas produk yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil analisis dengan BMC dan empathy map yang diolah kembali dengan bantuan kerangka kerja house of quality, didapatkan inovasi pada 7 elemen BMC yaitu, 1) customer segment, memperoleh pelanggan baru dengan penggunaan e-commerce, 2) value proposition, meningkatkan kriteria produk sayur seperti kesempurnaan fisik, kebersihan, ketersediaan, dan keberagaman jenis sayur, 3) customer relationship, meningkatkan pelayanan melalui pemanfaatan e-commerce, 4) channels, pemanfaatan facebook dan instagram sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan, 5) key resources, menambah fasilitas box pengiriman untuk menjaga kualitas sayur dan penambahan jumlah tenaga kerja ahli, 6) key activities, melakukan beberapa aktivitas tambahan untuk menghasilkan kualitas produk yang lebih baik, 7) key partnership, menjalin kerjasama untuk mitra dan kemitraan dalam proses pembayaran untuk memudahkan pelanggan melalui gopay atau link aja.
Keyword : Model bisnis, Business Model Canvas, Empathy Map, Quality Function Deployment
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
193 AGR 2022
|
Penerbit | Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta., 2022 M/1443 H |
Deskripsi Fisik |
xvii, 130 hlm,; 28 Cm.
|
Bahasa |
Bahasa Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
193
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subjek | |
Info Detail Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Akhmad Mahbubi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog