No image available for this title

Text

Penerapan Knowledge Management System dalam Membangun Sistem Identifikasi Gejala Covid-19 Menggunakan Metode Case-Based Reasoning Studi Kasus: Dinas Kesehatan Kabupaten Subang



Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) telah menyatakan bahwa COVID-19 adalah sebuah pandemi. COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) adalah penyakit baru yang disebabkan oleh mutasi pada virus corona sebelumnya. Penelitian yang dilakukan tim peneliti di King's College London di Inggris, menjelaskan bahwa ada enam klaster gejala yang ditimbulkan oleh COVID-19. PIKOBAR menunjukkan, bahwa Kabupaten Subang menduduki urutan ke-8 kasus terbanyak di Jawa Barat, memiliki jumlah kasus total terkonfirmasi sebanyak 1.632 per tanggal 23 September 2021. Jumlah yang terkonfirmasi tersebut hanya sekitar 0,10% dari seluruh penduduk Subang yang berjumlah 1,595 juta per tahun 2020. Pengetahuan dan kesadaran masyarakat umum terhadap literasi informasi dalam melaksanakan pencegahan dan pengendalian COVID-19 yang masih kurang menjadi salah satu faktor meningkatnya penyebaran COVID-19. Hal tersebut menyebabkan masyarakat ragu atau bahkan takut untuk melakukan pemeriksaan secara medis dan mengambil tes untuk memastikan apakah mereka terinfeksi COVID-19 atau tidak. Dinas Kesehatan Kabupaten Subang adalah sebuah lembaga kesehatan daerah yang bertugas mengolah, memberikan dan menyebarkan pengetahuan kepada masyarakat/surveillans terkait informasi gejala COVID-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan Knowledge Management System (KMS) dalam melakukan identifikasi gejala COVID-19 menggunakan metode Cased-Based Reasoning. 144 data terkonfirmasi pada Puskesmas Kecamatan Binong digunakan untuk menentukan pembobotan dari 21 gejala COVID-19. Pengembangan KMS dilakukan dengan menggunakan The 10-Step KM Roadmap. SECI Model digunakan untuk melakukan analisa dasar-dasar pada proses implementasi KMS. Unified Modelling Language (UML) merupakan tools dalam melakukan perancangan proses bisnis. PHP dan MySQL digunakan untuk melakukan prototype terkait pengembangan KMS. Secara keseluruhan, penelitian ini menghasilkan sistem manajemen pengetahuan untuk identifikasi gejala COVID-19 berbasis website yang dapat melakukan pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan identifikasi terhadap gejala COVID-19 untuk meningkatkan pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19 di Kabupaten Subang.
Kata Kunci: Knowledge Management System, COVID-19, Kabupaten Subang, The 10-Step KM Roadmap, Case-Based Reasoning, Identifikasi, Gejala.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 366 SI 2021
SI366
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
366 SI 2021
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
V, 226 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
366
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog