No image available for this title

Text

Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Ayo Src Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq)



Toko kelontong merupakan salah satu bentuk UMKM yang keberadaannya saat
ini mulai tersaingi oleh toko ritel modern. Dalam upaya meningkatkan
kepedulian, perusahaan Sampoerna mempunyai program yang bernama
Sampoerna Retail Community (SRC) dan merilis sebuah aplikasi yang bernama
AYO SRC. Aplikasi AYO SRC dibuat untuk kegiatan pendampingan pedagang
seperti warung kelontong dalam mengikuti cara bertransaksi di era yang serba
digital saat ini. Aplikasi AYO SRC memperoleh rating sebesar 4,2 dan terdapat
9.530 ulasan di Google Play Store. Berdasarkan hasil penelusuran dari ulasan
bintang 1 pada aplikasi AYO SRC di Google Play Store dan wawancara
langsung ke 15 orang pengguna ditemukan beberapa keluhan pengguna
mengenai kendala yang mereka alami pada aplikasi AYO SRC, dimana terdapat
4 kendala yang sering dialami yaitu loading sistem yang lambat disaat pertama
kali membuka aplikasi, tidak bisa login, sering terjadi logout sendiri, serta
notifikasi yang sering berulang sehingga pengguna merasa tidak nyaman saat
menggunakan aplikasi AYO SRC. Kualitas sistem atau layanan yang buruk
akan mengganggu pengalaman pengguna (user experience) dalam berbagai segi,
baik dari segi pragmatic quality maupun hedonic quality. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengukur tingkat pengalaman pengguna dan menentukan prioritas
area yang membutuhkan perbaikan pada aplikasi AYO SRC menggunakan User
Experience Questionnaire (UEQ), serta memberikan rekomendasi perbaikan
untuk meningkatkan performa pada aplikasi AYO SRC. Populasi penelitian ini
adalah pengguna aplikasi AYO SRC yang tergabung pada grup AYO SRC
Indonesia di Facebook dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive
sampling. Tools yang digunakan untuk menganalisis data adalah UEQ Data
Analysis Tool versi 10. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu variabel
perspicuity, variabel atrractiveness, variabel stimulation dan variabel
dependability memperoleh nilai excellent (sangat bagus). Variabel novelty
memperoleh nilai good (bagus), serta variabel efficiency memperoleh nilai
above average (diatas rata-rata). Rekomendasi yang diberikan pada penelitian
ini terkait pada variabel paling rendah yaitu variabel efficiency dan novelty.
Kata Kunci : User Experience, UMKM, Aplikasi Mobile, UEQ, UEQ Data
Analysis Tool


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 379 SI 2022
SI379
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
379 SI 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xxi, 118 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
379
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog