No image available for this title

Text

Analisis faktor yang mempengaruhi keinginan penjual di shopee untuk menggunakan e-commerce shopee dengan menggunakan d&m is success model dan valance framework (studi kasus di Jakarta dan Bogor)



Penggunaan Internet yang sudah banyak dimanfaatkan oleh penjual yang dalam hal
ini pelaku UMKM adalah E-Commerce. Salah satu E-Commerce yang ruang
lingkupnya sudah cukup berpengaruh di Indonesia adalah Shopee. Setelah
sebelumnya E-Commerce Shopee menempati urutan pertama dalam jajaran ECommerce
Indonesia selama 4 kuartal berutut-turut pada Tahun 2020, E-Commerce
Shopee kini mengalami penurunan peringkat menjadi posisi kedua mulai memasuki
kuartal 1 hingga kuartal 3 di Tahun 2022. Permasalahan lain pun turut dirasakan
Pelaku UMKM selaku penjual yang berjualan melalui E-Commerce Shopee seperti
biaya administrasi yang meningkat, kesalahan sistem dalam mendeteksi titik lokasi
toko, saldo penjualan tertahan pada akun shopee dan ketidakpuasaan pelayanan
yang diberikan customer service shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apa saja faktor yang mempengaruhi keinginan pelaku UMKM untuk menggunakan
E-Commerce Shopee dengan menggunakan D&M IS Success Model dan Valance
Framework. Populasi penelitian ini adalah Pelaku UMKM yang berada di wilayah
Jakarta dan Bogor yang sudah menggunakan E-Commerce Shopee sebagai media
penjualannya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive
sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
analisis data menggunakan PLS-SEM, dan software yang digunakan adalah
SmartPLS 3.3.6. Hasil dari Penelitian dari 9 hipotesis yang diajukan terdapat 7
hipotesis yang diterima dan memiliki pengaruh yang signifikan dan 2 hipotesis
ditolak dan tidak memiliki pengaruh yang signifikan karena nilai dari T-test berada
di bawah 1,96. Hasil dari model penelitian ini diharapkan dapat menjadi model
yang dapat dipertahankan dan dijadikan prioritas serta dapat menjadi salah satu
masukan dan saran bagi E-Commerce Shopee khususnya dari sisi penjual yang
dalam hal ini adalah pelaku UMKM.
Kata Kunci: Intention to Use, D&M IS Success Model, Valance Framework, ECommerce
Shopee


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 400 SI 2022
SI400
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
400 SI 2022
Penerbit Fak.Sains dan Teknlogi UIN Jakarta : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvii, 204 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
400
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog