No image available for this title

Text

Analisis Kelayakan Usaha Susu Kambing Pasteurisasi di Cv. Kampoeng Ternak Amanah, Kota Tangerang Selatan



Kampoeng Ternak Amanah merupakan salah satu peternakan kambing perah di Tangerang Selatan dengan susu kambing pasteurisasi sebagai produk utamanya. Saat ini Kampoeng Ternak Amanah belum bisa memenuhi jumlah permintaan yang ada. Penjualan akan susu kambing pasteurisasi pada bulan Oktober 2020 hingga September 2022 di Kampoeng Ternak Amanah fluktuatif cenderung mengalami peningkatan. Meski permintaan dan penjualan meningkat, Kampoeng Ternak Amanah baru di resmikan menjadi CV. Diperlukan studi kelayakan usaha yang berperan penting dalam suatu usaha karena kondisi yang akan datang dipenuhi dengan ketidakpastian, maka dari itu penulis mencoba untuk meneliti cash in dan cash out serta analisis kelayakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi arus kas bersih (net cash flow) pada usaha susu kambing pasteurisasi di CV. Kampoeng Ternak Amanah (2) menganalisis kelayakan usaha susu kambing pasteurisasi di CV. Kampoeng Ternak Amanah berdasarkan aspek non finansial (3) menganalisis kelayakan usaha susu kambing pasteurisasi di CV. Kampoeng Ternak Amanah berdasarkan aspek finansial.
Pada penelitian ini, pengolahan data meliputi tahap pengolahan dan interpretasi data secara deskriptif. Pengolahan data kuantitatif diolah dengan bantuan program Microsoft Excel untuk menghitung menghitung arus kas bersih (net cash flow) serta menggunakan metode analisis kriteria kelayakan usaha yang meliputi NPV, IRR, B/C Ratio, PP, dan BEP. Adapun data kualitatif digunakan untuk menganalisis kelayakan non finansial berupa aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen dan organisasi, aspek ekonomi dan sosial, serta aspek lingkungan yang disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kas bersih (net cash flow) usaha susu kambing pasteurisasi CV. Kampoeng Ternak Amanah sebesar Rp563.414.133 dimana nilai tersebut menyatakan bahwa usaha susu kambing pasteurisasi CV. Kampoeng Ternak Amanah selama 24 bulan telah menguntungkan, hasil aspek finansial menyatakan bahwa usaha susu kambing pasteurisasi CV. Kampoeng Ternak Amanah selama 24 bulan berjalan dapat dikatakan layak dan menguntungkan. Berdasarkan hasil analisis aspek non finansial menyatakan bahwa usaha yang dijalankan CV. Kampoeng Ternak Amanah selama 24 bulan sudah memenuhi standar kelayakan.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 286 AGR 2022
AGR286
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
286 AGR 2022
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 91 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
286
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog