No image available for this title

Text

Estimasi value at risk indeks saham global msci 5 negara asean dengan arma-garch berbasis c-vine copula



Value at Risk (VaR) merupakan suatu alat yang seringkali digunakan untuk mengukur risiko investasi. VaR didefinisikan sebagai estimasi kerugian maksimum yang diperoleh selama periode waktu tertentu pada tingkat kepercayaan tertentu. Untuk mengatasi penyimpangan asumsi return berdistribusi normal dan dependensi antar saham linier, estimasi VaR dapat dilakukan menggunakan copula.
Dalam kasus multivariat, vine copula dapat digunakan untuk mempermudah pembentukan fungsi copula. Pemodelan vine copula memerlukan distribusi marginal sebelum digabungkan menjadi distribusi bersama. Pada penelitian ini, model ARMA untuk mengatasi autokorelasi dan model GARCH untuk mengatasi heteroskedastisitas pada data finansial.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data indeks saham MSCI 5 negara ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand periode 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2021 yang dibentuk menjadi sebuah portofolio. Hasil penelitian menunjukkan model copula c-vine dengan fungsi copula t adalah model copula terbaik untuk mengestimasi VaR. Dari model tersebut diperoleh besar kerugian tidak lebih dari 0.727% pada tingkat kepercayaan 90%.
Kata kunci: Value at Risk, Vine Copula, ARMA, GARCH


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 211 MAT 2023
MAT211
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
211 MAT 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 65 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
211
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog