No image available for this title

Text

Makanan Instan Korea pada Pengguna Aplikasi Weverse Indonesia Analisis Faktor-Faktor Keputusan Pembelian



Fenomena Korean Wave atau gelombang Korea saat ini sedang berkembang pesat di dunia termasuk Indonesia, hal ini menyebabkan peningkatan permintaan barang atau produk Korea Selatan seperti film, drama, pakaian, kosmetik hingga makanan Korea. Perkembangan budaya Korea juga didukung oleh adanya kemajuan teknologi yang mempermudah masyarakat dalam mencari informasi yang mereka inginkan. Weverse merupakan salah satu teknologi terbaru dimana para pengguna dapat bertemu, berkomunikasi dengan penggemar yang memiliki kesukaan yang sama dan mengakses informasi terkait artis yang disukai, seperti barang yang digunakan hingga makanan yang dikonsumsi. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi konsumen dalam pembelian makanan instan Korea diantaranya faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui karakteristik konsumen yang mengkonsumsi makanan instan Korea pada pengguna aplikasi weverse. 2) apakah faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian makanan instan Korea pada pengguna aplikasi weverse. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil kuesioner dan wawancara online kepada pengguna aplikasi weverse Indonesia yang bertindak sebagai konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi makanan instan Korea dan data sekunder berupa data persebaran budaya Korea dan data kepustakaan lainnya. Metode penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner dengan skala likert 1-4. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode analisis faktor yang akan diolah menggunakan program SPSS 23 dan metode etnografi.
Penelitian menunjukkan bahwa 1) karakteristik konsumen pengguna aplikasi weverse yang telah melakukan pembelian makanan instan Korea minimal satu kali didominasi oleh kaum perempuan dengan rentang usia 20-25 tahun dan profesi utamanya sebagai pelajar/mahasiswa dengan rentang pendapatan perbulannya sebesar Rp1.500.000, dengan jumlah pembelian sebanyak 1-2 kali dalam satu minggu, dan makanan yang paling banyak di konsumsi adalah tteokbokki, samyang dan ramyun. 2) hasil analisis faktor dan etnografi menghasilkan enam faktor yang memengaruhi keputusan pembelian makanan instan Korea pada pengguna aplikasi weverse Indonesia yaitu faktor individu dengan indikator utama adalah pengaruh rasa, faktor teman dengan indikator utama pengaruh teman, faktor teknologi dengan indikator utama adalah informasi media lainnya, faktor ekonomi dengan pendapatan sebagai indikator utama, faktor produk dengan indikator utama saluran pembelian dan faktor kebiasaan dengan indikator utama yaitu Rutinitas.


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 315 AGR 2023
AGR315
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
315 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 95 hlm,; 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
315
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog