No image available for this title

Text

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Mie Instan Lemonilo (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Syarif Hidayatullah Jakarta



Perubahan gaya hidup masyarakat kearah yang serba praktis menyebabkan munculnya demand terhadap berbagai produk praktis, salah satunya produk makanan. Mie instan merupakan makanan cepat saji yang praktis dan paling banyak digemari oleh masyarakat. Namun, kandungan mie instan sendiri yang tidak baik bagi kesehatan karena mengandung MSG dan zat-zat kimia lainnya yang berbahaya bagi tubuh. Beberapa industri mengeluarkan produk mie instan sehat salah satunya lemonilo, yang berbahan dasar alami tanpa zat kimia berbahaya. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan analisis terkait keputusan konsumen dalam pembelian mie instan lemonilo yang sehat berdasarkan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui karakteristik mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2) menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian mie lemonilo pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara parsial, (3) menganalisis pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan pembelian mie lemonilo pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara simultan.
Metode penentuan sampel yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 100 orang Mahasiswa Strata 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang di stratakan ke dalam 12 Fakultas dengan kriteria yang pernah mengonsumsi mie instan lemonilo. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik konsumen, dan regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis hubungan variabel independen, yaitu budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3), dan psikologi (X4) terhadap variabel dependen, keputusan pembelian (Y). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan software SPSS 25.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mengonsumsi mie lemonilo rata-rata berjenis kelamin perempuan, memiliki pendapatan dan pengeluaran Rp 1.000.000 - Rp 2.000.000 yang bersumber dari orang tua. Tingkat konsumsi mie lemonilo dalam 1 bulan rata-rata sebanyak 1 - 3 kali karena lebih enak dan sehat. Hasil penelitian secara parsial variabel pribadi dan variabel psikologi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada variabel pribadi dengan nilai thitung>ttabel (2,356>1,985) atau memiliki taraf signifikansi sebesar 0,021 lebih kecil dari nilai α (0,021ttabel (2,001>1,985) atau memiliki taraf signifikansi sebesar 0,048 lebih kecil dari nilai α (0,0482,47), atau memiliki taraf signifikansi sebesar (0,00


Ketersediaan

#
Perpustakaan FST (Skripsi) 309 AGR 2023
AGR309
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
309 AGR 2023
Penerbit Fak.Sains Dan Teknologi UIN JKT : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 102 hlm, 28 Cm.
Bahasa
Bahasa Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
309
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog